PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA PT. MULTI BOX INDAH

Rohmat Taifiq dan Diajeng Fatihah Nandhar 'Umi

Abstract


Dalam  era  globalisasi  seperti  sekarang  ini,  penggunaan  komputer  merupakan  alat informasi yang sangat penting dan dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan kita. Penggunaan komputer membuat  pekerjaan  kita menjadi  lebih  mudah.  Dengan  sistem manual  kita  akan membutuhkan beberapa orang untuk mengerjakan banyak data, tapi dengan sistem kom- puterisaasi kita dapat mengerjakannya hanya dengan beberapa orang saja, jadi lebih efisien. Pembuatan laporan akan terbantu dengan menggunakan sistem komputerisasi.

PT. Multi Box Indah adalah sebuah perusahaan yang memproduksi karton atau kardus di daerah  Cikande,  Serang.  Kendala  yang  dihadapi  adalah  sulitnya  mengatur  data  persediaan barang di bagian gudang barang jadi. Hal ini disebabkan karena perusahaan masih menggunakan sistem  manual,  yaitu  dengan  menggunakan  Microsoft  Excel.  Oleh  karena  hal  tersebut, perusahaan  memerlukan  waktu  yang  cukup  lama  dalam  pembuatan  laporan  dan  tingkat kesalahan pun tinggi.

Berdasarkan keadaan di atas, penulis mencoba untuk membantu perusahaan dengan membuatkan  aplikasi  persediaan  barang  dengan  menggunakan  PHP  dan  database  MySQL.

Penulis   berharap   dengan   menggunakan   aplikasi   ini   perusahaan   akan   terbantu   dalam

penginputan data persediaan barang jadi guna membuat laporan, dan juga tingkat kesalahan dapat diminimalisir. Penulis juga berharap dengan aplikasi ini pembuatan laporan menjadi lebih

cepat dan dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

 

Kata Kunci: Persediaan Barang, Proses System.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v4i2.385

Article Metrics

Abstract - 1075 PDF - 852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.