ANALISA WAKTU PROSES PENGUJIAN TARIK UNTUK MENENTUKAN JUMLAH MESIN DAN OPERATOR OPTIMAL

Ellysa Kusuma Laksanawati

Abstract


Waktu merupakan faktor utama keberasilan dalam proses industri. Dengan melihat waktu proses, memudahkan perusahaan untuk menentukan langkah yang harus diambil kedepan. Demi terciptanya tujuan tersebut maka pabrik HSM (Hot Strip Mill) PT Krakatau Steel, salah satu perusahan baja terkemuka di Indonesia melakukan pengendalian terhadap hasil produk dalam bentuk coil dengan melakukan uji mekanik di Lab Uji HSM. Adapun Uji Mekanik yang dilakukan salah satunya adalah pengujian tarik yaitu untuk melihat kekuatan dari baja.

Upaya mempercepat proses pengujian diantaranya yang dapat dilakukan, analisis terhadap mesin maupun operator secara proporsional (optimal) baik jumlah maupun kemampuannya. Pertama yang dilakukan adalah menentukan waktu standar proses pengujian. Dengan memperhitungkan faktor – faktor pengaruh seperti penyesuaian dan allowance. Data yang diambil untuk melengkapi penelitian berisi mengenai tahapan inpeksi, jumlah sample yang diambil perbulan, kapasitas mesin, jumlah mesin dan jumlah operator.

Setelah diketahui tahapan inspeksi dilakukan perhitungan waktu tiap-tiap tahapan yang nantinya akan diperoleh waktu keseluruhan proses inspeksi dimana waktu keseluruhan proses digunakan untuk menentukan waktu optimal pengujian. Selanjutnya menentukan jumlah mesin dan operator optimal dengan menggunakan data jumlah sample, waktu proses pengujian, tingkat efisiensi mesin dan operator.

Harapan dari didapatkannya waktu, jumlah mesin dan jumlah operator optimal pengujian bahwa perusahaan dapat memperoleh informasi untuk melakukan pengendalian sistem.


Full Text:

PDF

References


Bariyah, C., Sri U., 2004, Analisis Penentuan Jumlah Mesin yang Optimal Untuk Menunjang Pemenuhan Target Produksi, Spektrum Industri, Vol.2, No.2, 51-97.

Harrel, C., Biman K., Ghosh., Royce B., 2000, Simulation Using ProModel, McGraw-Hill, New Jersey.

Harrel, C., Biman K., Kerim T., 1995, Simulation Made Easy: A Manager’s Guide, Industrial Engineering and Management Press, Georgia.

Spiegel, M., 1996, Seri Buku Schaum Teori dan Soal-Soal Statistika, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.

Supranto, J., 2001, Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi Keenam, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Sutalaksana, I., Ruhana A., John H., 1979, Teknik Tata Cara Kerja, Jurusan Teknik Industri ITB, Bandung.

Wibisono, E., 2004, Komparasi Sistem Manufaktur Push dan Pull melalui Pendekatan Simulasi, Jurnal Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, http://puslit.petra.ac.id/journals/industrial.

Wignjosoebroto, S., 2003, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Cetakan Ketiga, Edisi Pertama, Guna Widya, Surabaya.

Yamit, Z., 1996, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Pertama, Ekonisia Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.

Zuhdi, A., 2004, Desain, Simulasi dan Komputasi, Jurusan Teknik Mesin dan Industri Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v2i2.3949

Article Metrics

Abstract - 648 PDF - 838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2