ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PERUMAHAN REAL ESTATE DI KOTA BENGKULU
Abstract
Percepatan pembangunan perumahan yang berkelanjutan didasari atas meningkatnya kebutuhan rumah yang belum terpenuhi. Develover sebagai pihak pengembang perumahan sangat berperan dan tanggap dalam merespon permintaan konsumen tanpa memperhatikan kualitas dan fasilitas. Banyak konsumen merasa kurang puas akan kinerja developer yang tidak sesuai dengan harapan mereka. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepuasan konsumen ditinjau dari indikator dan variabel perumahan yang cenderung berkaitan dengan mutu dari properti tersebut. Pengamatan dilakukan di Kota Bengkulu dengan menyebarkan 70 kuisioner yang mengambil sampel dari enam perumahan yaitu Gading Residence City, Batang Hari Permai, Nusa Indah Estate, Citra Barito Estate, Graha Timur Indah Estate dan Citra Idaman Asri. Kuisioner harapan dan kinerja ini dianalisis pada setiap perumahan, sehingga didapat persentase tingkat kepuasan dan kedudukannya dengan menggunakan diagram importance-performance.
Hasil analisis ini menunjukkan berdasarkan tiga puluh indikator tingkat kepuasan konsumen per perumahan berada pada kepuasan sedang yaitu 60,44 % sampai dengan 84,28 % atau dengan rata-rata 73,87 %. Berdasarkan kedudukan pada diagram importance-performance diperoleh tiga dari enam variabel berada pada priorias utama yaitu pelayanan, fasilitas dan kualitas bangunan. Perbedaan kepuasan ini dianalisis lagi dengan menggunakan analisis anava, sehingga diperoleh perbedaan yang tidak terlalu signifikan antara satu perumahan dengan perumahan lainnya.
Kata Kunci : Variabel, Indikator, Tingkat Kepuasan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v6i2.448
Article Metrics
Abstract - 1208 PDF - 1072Refbacks
- There are currently no refbacks.