PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI SMPN 2 MEKAR BARU KABUPATEN TANGERANG

Haerudin Haerudin, Soleh Ibrahim, Nori Anggraini

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks fabel melalui media pembelajaran berbasis teknologi di SMPN 2 Mekar Baru Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Mekar Baru Kabupaten Tangerang Banten. Objek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 7 di SMPN 2 Mekar Baru Kabupaten Tangerang Banten. Dalam penelitian ini diuraikan secara kualitatif berdasarkan lembar observasi (pengamatan), lembar jurnal siswa dan guru, lembar pedoman wawancara, dan hasil tes menulis. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran berbasis portofolio, kemampuan siswa kelas 7 dalam menulis teks fabel mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan hasil tes siswa pada siklus I yaitu sebesar 63,7 (cukup) dengan persentase kelulusan siswa sebesar 28%. Pada siklus II meningkat menjadi 70 (baik) dengan persentase kelulusan sebesar 56,8%. Begitupun di siklus III. Peningkatan yang terjadi yaitu sebesar 76 (baik) dengan persentase kelulusan siswanya mencapai 86,7%.

Kata kunci : menulis, teks fabel, media pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Aprima, dkk. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. JPBSI. Vol7 No 1 PP 215-221

Humpherys, S. L., & Babb, J. (2020). Using Folklore, Fables, and Storytelling as a Pedagogical Tool in Assessment Exams. Information Systems Education Journal, 18(5), 34–53. https://eric.ed.gov/?id=EJ1258247

Martati, B., & Setyorini, A. (2018). Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Berbasis Multikulturalisme untuk Guru Guru Sekolah Dasar Muhammdaiyah di Surabaya. JPP IPTEK, 3(1), 4.

Wahono, dkk. 2014. Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga.

Zahwa, F. A. dan Syafi’i, I (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium. Vol 19 No 1 PP 61-78




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10360

Article Metrics

Abstract - 222 PDF - 290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats