PENGGUNAAN BAHASA TUTURAN PERSUASIF DALAM DAKWAH
Abstract
Tuturan dalam sebuah komunikasi tentunya dapat bermaksud persuasif, karena seorang pendakwah menyampaikan tuturan bermaksud menyiarkan ajaran agama kepada pendengar (mad’u). Di Kota Sukabumi khususnya di Universitas Muhammadiyah Sukabumi Organisasi Muhammadiyah berkembang sesuai dengan visi misi persyarikatan. Maka, perlu diadakan penelitian yang mengkaji bahasa persuasif para pendakwah Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi baik dalam pengajian rutin hari Rabu. Adapun tujuan utama penelitian ini yaitu mengetahui gaya bahasa persuasif pada pendakwah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi dan tujuan kedua mengetahui seberapa banyak jenis gaya bahasa yang digunakan oleh pendakwah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa persuasif para pendakwah Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode simak, transkripsi, dan catat. Metode simak dibatasi hanya pada teknik rekam saja, teknik rekam ini digunakan untuk merekam penggunaan bahasa para pendakwah, yang seterusnya akan ditransipsikan dan dianalisis. Berdasarkan data hasil penelitian didapat rata-rata penggunaan bahasa dakwah persuasif yang digunakan yaitu taklim dan tarbiyah sebanyak 50%, tadzkir dan tanbih sebanyak 12,50 %, targhib dan tabsyir sebanyak 18,75 %, qashash dan riwayah sebanyak 6,25 %, dan amar nahi sebanyak 12,50 %. Pendakwah lebih sering menggunakan bahasa dakwah yang mengarah kepada Taklim dan Tarbiyah yang merupakan gaya bahasa dakwah dengan metode mengajar dan mendidik.
Kata kunci: Bahasa persuasif; tuturan; dakwah
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N. (2014). Tantangan Dakwah Di Era Teknologi Dan Informasi:
Formulasi Karakteristik , Popularitas , dan Materi di Jalan Dakwah. ADDIN,
(2).
Ahmad Suja’i, K. M. A. A. L. (2022). Urgensi Manajemen Dalam Dakwah.
Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). Https://Doi.Org/10.34005/Tahdzib.V5i1.1950
Amin, M. (2018). Pendidikan Multikultural. PILAR, 9(1).
A’yuniyah, F., & Utomo, A. P. Y. (2022). Tindak tutur ekspresif dalam dakwah
Gus Baha. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 8(2). https://doi.org/10.30738/caraka.v8i2.10450
Desmiyati, D., & Supriyadi, S. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara dalam
Dakwah Ustadz Hanan Attaki. Sajak: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan, 2(1), 72–77.
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi
dalam pendidikan. Deepublish.
Jailani, I. A. (2014). Dakwah Dan Pemahaman Islam Di Ranah Multikultural.
Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 22(2), 413–432. Https://doi.org/10.21580/ws.22.2.272
Kahfi, M. (2020). Peranan Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Berkemajuan Di Era Modern. Al-Risalah, 11(2). https://doi.org/10.34005/alrisalah.v11i2.590
Lubis, M. A. (2020). Dakwah Kultural Muhammadiyah (Studi Dakwah Kultural
Muhammadiyah di Gunungsitoli Nias). An-Nahdhah: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Keagamaan, 3(1), 102–118.
Mega Cynthia. (2020). Pesan Dakwah Dan Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu “Sebujur Bangkai” Rhoma Irama. Inteleksia - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 2(1). Https://Doi.Org/10.55372/Inteleksiajpid.V2i1.62
Musahadah, Z. S., & Triyono, S. (2019). Fenomena Hijrah Di Indonesia: Konten Persuasif Dalam Instagram. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan
Pengajarannya, 12(2). Https://Doi.Org/10.26858/Retorika.v12i2.7874
Nurlaela, L. F., Boeriswati, E., & Tajuddin, S. (2022). Gaya Bahasa Komunikasi Dakwah Dalam Ceramah Syekh Sulaiman Bin Salimullah Ar Ruhaily. Bahtera : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1).
https://doi.org/10.21009/bahtera.211.06
RAFIQ, MOHD. (2016). Metode Dakwah Muhammadiyah Di Kabupaten Tapanuli Selatan. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 2(1). Https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i1.400
Rahman, R. R., Mukhlis, A., & Aripudin, A. (2019). Retorika dakwah Ustadz Evie Effendi di video youtube. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1).
Salim, A. (2018). Peran dan Fungsi Dai Dalam Perspektif Psikologi Dakwah. AlHikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 8(1).
Https://Doi.Org/10.32505/hikmah.v8i1.401
Syaifuddin, M. A., Anggraeni, H., Khotimah, P. C., & Mahfud, C. (2019). Sejarah Sosial Pendidikan Islam Modern Di Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
Usman, U. (2014). Muhammadiyah dan Usaha Pemahaman Al-Qur’an. Jurnal
Ushuluddin, 21(1), 83–100.
Zain, A. (2019). DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR`AN DAN ALHADITS. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1). https://doi.org/10.22373/taujih.v2i1.7209
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11140
Article Metrics
Abstract - 318 PDF - 148Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.