PENGGUNAAN TAGLINE IKLAN SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SINTAKSIS DI PERGURUAN TINGGI

Nina Queena Hadi Putri, Ian Wahyuni

Abstract


Tagline iklan dipilih karena menjadi sebuah ikon bahasa suatu produk yang bersifat unik, mudah diingat, dan menjadi ciri khas jati diri produk yang bersifat persuasif kepada khalayak sebagai konsumen. Iklan dengan audio dan visual menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, khususnya mahasiswa yang tidak pernah lepas dari media elektronik. Dengan menggunakan media iklan yang familiar dengan kehidupan mahasiswa disertai contoh penerapa sintaksis dengan berbagai pola strukturnya dapat menjadi alternatif media dalam pembelajaran sintaksis di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur klausa pada tagline iklan pada media televisi kan kanal youtube. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data berupa kutipan klausa dan kalimat sederhana (tunggal) pada iklan makanan yang terdapat pada media televisi dan kanal youtube Indonesia. Sumber data yaitu iklan makanan yang terdapat pada media televisi dan kanal youtube Indonesia. Pengumpulan data dengan menggunakan metode simak, catat, dan mentranskripsikan data lisan ke data tulis. Pada tagline iklan ditemukan penggunaan klausa yang terdiri atas klausa bebas (kalausa lengkap), klausa tidak lengkap, dan klausa terikat. Namun, yang paling sering digunakan yaitu klausa bebas. Berdasarkan kategori yang menduduki fungsi predikat terdapat klausa verbal, nominal, dan adjektiva. Sedangkan yang paling sering digunakan yaitu klausa verbal.

Kata kunci: tagline iklan, media pembelajaran, pembelajaran sintaksis


Full Text:

PDF

References


Bresnan, Joan.(2001). Lexical-Functional Grammar. Oxford: Blackwell Publisher.

Comrie, B. (1993). Language Universals and Linguistic Typology, Syntax and Morphology. Second Edition. Chicago:The University of Chicago Press

Dixon, R.M.W. (2010). Basic linguistics theory, Volume1: Methodology. Oxford: Oxford University Press.

Effendi, D. dan Wahidy A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI

PALEMBANG 03 MEI 2019

Foley, A. dan Robert D. V. V. (1984). Functional Syntax and Universal Grammar. Cambridge: CambridgeUniversity Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11601

Article Metrics

Abstract - 898 PDF - 561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats