PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO DI KELAS VIII B SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI

Siti Fathonah, Andiopenta Purba, Agus Setyonegoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning dalam pembelajaran menulis teks pidato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIII B dan proses pembelajaran menggunakan model project based learning yang terekam dalam vidio. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian modul ajar yang dibuat oleh guru memuat semua komponen modul ajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Selain itu, kegiatan pembelajaran telah terlaksana dengan baik sesuai dengan modul ajar dan langkah-langkah penerapan model project based learning dimulai dari pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, menguji hasil, dan mengevaluasi pengalaman.

 

Kata kunci: project based learning, menulis teks pidato

 


Full Text:

PDF

References


Afriani, M., Harjono, H. S., & Rustam. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 52-61.

Anasya, S. W., Warni., & Purba, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (2), 138-147.

Haerullah, A. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Lintas Nalar, 221-223.

Musfiqon & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Centre.

Purba, A., Harahap, E. P., & Yusra D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi 2021/2022. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13 (1), 109.

Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran.

Sitohang, R., Harahap, E. P., & Purba, A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dalam Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII SMPN 15 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 609.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waruwu, S. (2022). Pendekatan Kontruktivisme Dengan Teknik M3 (Mengamati, Menirukan, Memodifikasi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 326-333.

Yusra, H. (2022). Pengaruh Penalaran Siswa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi dalam Pembelajaran PjBL. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 446-455.

Zainal, A. G. (2022). Public Speaking Cerdas Saat Berbicara di Depan Umum. In Angewandte Chemie Internasional Edition, 6 (11), 951-952.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11614

Article Metrics

Abstract - 2183 PDF - 1414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats