PENGGUNAAN MODEL CIRC ( COOMPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat baca peserta didik yang mengakibatkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan membaca peserta didik dan mendeskripsikan pengaruh metode CIRC dalam kemampuan membaca pemahaman. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk analisis eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan adalah 15 peserta didik kelas IV SDN Glagaharum. Tes kemampuan membaca pemahaman siswa dikumpulkan dengan menggunakan soal esai berjumlah 5 soal pretes dan 5 soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan hasil penelitian diperoleh nilai 2-Tailed bernilai 0,000 dari hasil one sampel T-test yaitu nilai Sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak untuk Ha diterima. Dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam pembelajaran pemahaman membaca berdasarkan aktivitas peserta didik berada pada kategori sangat baik. Kemampuan membaca pemahaman siswa dilihat dari hasil tes pada pembelajaran membaca pemahaman kelas lV di SDN Glagaharum mengalami peningkatan dari yang semula berada pada kategori kurang menjadi kategori baik.
Kata kunci: Model CIRC, membaca pemahaman, pembelajaran Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Kesumadewi, D. A., A. A. Gede Agung, and N. Wayan Rati, “Model Pembelajaran Circ Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sd,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 8, no. 2, pp. 303–314, 2020.
Ayuniar, D., Affandi, L. H. and Setiawan, H. (2021) “Upaya Guru Dalam Mengajarkan Keterampilan Membaca Siswa Sd Pada Masa Pandemi Covid-19 SDN Gugus Iv Kecamatan Pujut,” Prog. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 26–30, 2021, doi: 10.29303/prospek.v2i1.75.
H. A. B.HS, I. K. Gading, and G. W. Bayu, (2020) “Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, p. 233, 2020, doi: 10.23887/jp2.v3i2.26465.
Ekawati, R., Susetyarini, E., Pantiwati, Y., and Husamah, H. (2016) “Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ),” JPBI (Jurnal Pendidik. Biol. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 298–306, doi: 10.22219/jpbi.v1i3.2662.
Fitri, A., Firdaus, J. Kardi, Y. Akhyar, Zalisman, and S. Ramadhan, (2021) “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 1–12, Available: https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/index%0APENGARUH
Friantary, H. (2019) “Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat,” Disastra J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 1, no. 1, p. 66, doi: 10.29300/disastra.v1i1.1485.
Halimah, A. (2014) “Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Di SD/MI,” Auladuna, vol. 1, no. 1, pp. 27–35,
Islamiyah, N., Aziz, S. A., Tarman, T., Nadira, N. and Thaba, A. (2022) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scrambel Berbantuan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar,” Fon J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 18, no. 1, pp. 116–129, doi: 10.25134/fon.v18i1.5280.
Jendriadi, Melati, R. R., Sukandar, W., Ismira, I., Puspita, V., Zaturrahmi, Z., Anwar, R., & Desmariani, E. (2023). Penggunaan Media Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 491–499. , doi: 10.31004/obsesi.v7i1.1226.
Khasanah, A. et al., “Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi question answer relationships ( qar ) pada siswa kelas v sekolah dasar,” pp. 161–175.
Nurlaila, & Ardyansyah. (2021). Analisis Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Menurut Teori Slavin dalam Pembelajara Bahasa Arab: Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca, Menulis,serta Memahami Qawid dalam Teks Bahasa Arab. Al-Ta’rib, 13(1), 374–395.
Pujabakti, R.R., Hartati, T., and Mulyasari, E. (2021) “Penerapan Model Pembelajaran CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. No. 2, pp. 84–93, 2021.
Rahma, A., Fadhilaturrahmi, P. H. Pebriana, Y. Y. Kusuma, and Mufarizuddin, (2023) “Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar Indones., vol. 8, pp. 1–6,
Rahmi Y., and Marnola, I. (2020) “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ),” J. Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 662–672, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.406.
Samuel, S. (2023) “Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Penerapan Metode Pembelajaran Inovatif Melalui Kegiatan Pembinaan Berkelanjutan Di SDN 014 Tanjung Selor,” Asas Wa Tandhim J. Hukum, Pendidik. Dan Sos. Keagamaan, vol. 2, no. 2, pp. 139–152, Available: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/awtjhpsa/article/view/1576
Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, vol. 24 no 2 pp, 48–55.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11643
Article Metrics
Abstract - 585 PDF - 258Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.