PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VII A SMPN 4 MUARO JAMBI
Abstract
Penelitian ini dilakukan menggunakan media video animasi Powtoon dalam pembelajaran menulis teks berita untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan model kurt Lewin. Model ini terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMPN 4 Muaro Jambi berjumlah 21 siswa. Data dan sumber data penelitian adalah hasil unjuk kerja siswa dan penilaian unjuk kerja siswa. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Validitas data diuji dengan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi Powtoon dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks berita di kelas VII A SMPN 4 Muaro Jambi. Peningkatan proses pembelajaran terlihat meningkatnya pada tiap tindakan, pada pra tindakan hanya 3 siswa yang terlibat aktif, siklus I berjumlah 9 siswa, dan siklus II sebanyak 14 siswa. Peningkatan hasil pembelajaran siswa telah mencapai KKTP yaitu hasil belajar pra tindakan dengan rata-rata 68,1, siklus I menjadi 74, dan siklus II meningkat menjadi 78,7.
Kata kunci: media video animasi, menulis teks berita
Full Text:
PDFReferences
Agustina, S., Purwadi, A. J., & Gumono. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 7(3), 495-504.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Budiyono, Herman, Puji Tri Aryanti. (2016). Pengaruh Penerapan Model Peta Konsep dan Penalaran Terhadap Kemampuan Menulis Esai Mahasiswa. Jurnal Bahasa dan Seni. 44(1), 86.
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Familiyana, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Penggunaan Media Powtoon Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 6 Tanah Sepenggal. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Budaya (SNPBSB 2). http://conference.unja.ac.id/pbsb/article/view/163.
Klara, M., Sulissusiawan, A., & Salem, L. (2018). Penerapan Media Audiovisual dalam Menulis Teks Berita pada Siswa SMP Kriten Kanaan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 7 (1), 2.
Mahsun, M.S. (2014). Teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. PT Raja Grafindo Persada.
Mindhaudah, R. A. Y. (2018). Penggunaan Media Video Animasi Powtoon Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI Ngoro Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal SASTRANESIA Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1), 22-36.
Rahmawati, A. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 17 (1), 6.
Rustam, Akbar, O., & Saputra, A. B. (2024). Design Thinking dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Bahasa Indonesia Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru di SMA. Semantik, 13(1), 43-56.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: IKAPI
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11823
Article Metrics
Abstract - 801 PDF - 931Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.