ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI KOTA TANGERANG
Abstract
Kinerja guru di sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam pencapaian tujuan sekolah. Kinerja guru akan dirasakan oleh siswa atau orang tua siswa. Untuk itu guru harus benar-benar kompeten dibidangnya dan guru juga harus mampu mengabdi secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Tangerang khususnya di tiga sekolah di Kecamatan Cipondoh yaitu SMP Negeri 10 Tangerang, SMP Negeri 18 Tangerang, SMP Negeri 32 Kota Tangerang dengan sampel 19 orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Instrumen penelitian ini melalui observasi, angket, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua factor penting yang mempengaruhi kinerja guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Tangerang yaitu factor internal dan factor eskternal. Faktor internal yang dominan adalah factor individual dan psikologis, sedangkan factor eksternal adalah factor organisasi. Kedua factor tersebut berperan dalam pembentukan kinerja guru dan menentukan sejauh mana kemampuan dan keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran yang telah dijalankan di sekolah.
Kata kunci: Kinerja guru, bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Alfianika Maharani, D., Supriatin, D., Puspitawati, E., & Perwira Purbalingga, U. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hasta Pusaka Sentosa Purbalingga. 14(1), 66–77. https://tambara.e-journal.id/medikonis/index
Amin, M. A. S. (2022). Perilaku Komunikasi dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 511–519. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2256
Dewi, T. anggia. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.148
Elly, Y., & Soraya, J. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(2), 55–61. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4856
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26
Kamijan, Y. (2021). Faktor Internal dan Faktor Eksternalterhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 630–638. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.589
Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p219-229
Khairuddin, K., Febriyanni, R., & Sari, G. (2022). Peran Guru Profesional Dalam Pengembangan Bahan Ajar di Mas Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Jurnal Iqtirahaat, 47–58. https://doi.org/10.56446/ji.v6i1.69
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265
Sakban, S., Nurmal, I., & Bin Ridwan, R. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(1), 93–104. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i1.721
Septiana, M., & Hidayati, D. (2022). Kepemimpinan Guru Dalam Pembelajaran di Era Digital. Manajemen Pendidikan, 17(2), 101–116. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.19354
Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54
Suhada, M. M. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Mi Islamiyah Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 67–89. https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i1.194
Supardi, E. (2016). Pengembangan Karir Kontribusinya Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1680
T Simorangkir, S. (2022). Pengaruh Kerjasama Tim dan Efikasi Diri terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Formosa Journal of Science and Technology, 1(4), 305–314. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i4.996
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Republik Indonesia 1 (2005).
Uno, H. B., Panjaitan, K., Lamatenggo, N., & Yahiji, K. (2019). The Leadership Style of Headmaster in Guiding the Character of Teachers in the Public Senior High School 2 Limboto. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 5(3), 189–195. https://doi.org/10.22161/ijaems.5.3.5
Widayati, F., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 251–257. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.29
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11914
Article Metrics
Abstract - 916 PDF - 615Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.