PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ4R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS X SMK MAHAKARYA CIKUPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa kelas X SMK Mahakarya Cikupa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang berjenis True eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu 180 siswa kelas X SMK Mahakarya Cikupa dan sampel dalam penelitian ini yaitu 60 siswa. Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik claster random sampling kepada 60 siswa yang diambil pada kelas X AP 1 kelas kontrol dan kelas X TKJ 2 kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan oleh peneliti adalah tes lisan, yaitu melakukan test pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut dilakukan dengan penelitian pada uji hipotesis dengan menggunakan model the separate model T-test yaitu uji-t posttes yang menujukan thitung 3,80 ≥ ttabel 2,00. Hasil uji-t posttest menunjukan adanya pengaruh terhadap kemampuan membaca puisi dengan penggunaan model pembelajaran SQ4R dengan peserta didik yang hanya menggunakan model pembelajaran konverensional.
Kata Kunci: model pembelajaran, puisi, SQ4R
Full Text:
PDFReferences
Mulyono, N. 2018. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.
Rahayu, A. P.(2015).Menumbuhkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal: Paradigma. 2 (1)1-15.
Tarigan, HG. 2013. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Toyidin. 2013. Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Subang: CP. Pustaka Bintang.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.12119
Article Metrics
Abstract - 131 PDF - 84Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.