PENGEMBANGAN APLIKASI WAHANA OBSERVASI BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi wahana observasi berbantuan articulate storyline materi teks observasi untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjungpinang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan model 4D. Penelitian ini menghasilkan produk berupa aplikasi wahana observasi berbantuan articulate storyline untuk materi teks observasi dengan sasaran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungpura. Tahap pertama penelitian ini yaitu pendefinisian, perancangan produk, dan pengembangan Uji coba dalam penelitian ini terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa SMP, khususnya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungpinang. Uji coba kelompok kecil terdiri dari lima siswa dan kelompok besar terdiri dari 31 siswa. Adapun instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, lembar angket validasi media, dan lembar angket kepraktisan media. Hasil penelitian yaitu Hasil persentase validasi dari ahli media mencapai 93% dan kualifikasi “sangat valid” dan validasi oleh ahli materi mencapai 100% dengan kualifikasi “sangat valid”. Setelah itu, dilakukan uji coba kepraktisan aplikasi wahana observasi kepada siswa yang memperoleh nilai 91% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok kecil dan 88% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok besar.
Kata kunci: Aplikasi, Media Pembelajaran, Articulate Storyline
Full Text:
PDFReferences
Aji, C., Shanty, I. L., & Andheska, H. (2022). Kepraktisan Media Pembelajaran Bola Tembak Pintar untuk Pemahaman Materi Teks Negosiasi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(2), 138–146.
Alti, R. M. dkk. (2022). Media Pembelajaran. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, D., Fajriyah, L., Agustina, I., Astuti, D., Hardiansyah, A., Ayu, K., Rahmi, S. E., Alti, M., & Rizki, V. (n.d.). P Pengembangan Media Pembelajaran Telaah Persektif pada Era Society 5.0. Makassar. CV. Tohar Media.
Ariani, Cici. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Hasan, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Hastuti, S., Andheska, H., & Elfitra, L. (2024). Pengembangan E-Modul Teks Cerpen Berbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi Any Flip Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2023/2024. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 8(1), 554–558. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.3474.
Junpahira dan Pahlevi. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MP di SMK Nurul Islam Gresik. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 11. No. 2. Hlm. 149-171.
Kristanto, Andi (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.
Pagarra, Hamzah. dkk. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Sani, R. A., Manurung, S. R., Suswanto, H., & Sudiran. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tsmart.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wahono dan Febrianto. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Materi Teks Laporan Hasil Obsservasi untuk Siswa SMP. DIKLARASI: Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, 2(1), 10-22.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12145
Article Metrics
Abstract - 440 PDF - 187Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.