PENGARUH MEDIA APLIKASI SPEAKY.COM DALAM KETERAMPILAN MEMPERKENALKAN DIRI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

Istihayyu Buansari, Maulani Pangestu, Yasir Riyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan penggunaan aplikasi Speaky.Com pada penilaian memperkenalkan diri mahasiswa Bina Sarana Informatika. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni menggunakan bantuan software SPSS Versi 26 yaitu untuk menghitung uji normalitas dan hipotesis penelitian (Uji T). Variabel dalam peelitian ini yaitu terdiri dari dua jenis yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas (X) pada penelitian ini yaitu aplikasi speaky.com dan variabel terikat (Y) pada penelitian ini yaitu pembelajaran bahasa Inggris pada materi memperkenalkan diri. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa semester 2 mata kuliah dasar umum bahasa Inggris sedangkan, sampel pada penelitian ini yaitu terbagi menjadi dua yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu terbagi menjadi teknik tes yang digunakan untuk mengukur secara objektif untuk mendapatkan data terkait kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris materi memperkenalkan diri menggunakan aplikasi speaky. Berdasarkan hasil eksperimen yang telah dilakukan dengan menggunakan aplikasi speaky nilai mahasiswa terkait materi memperkenalkan diri mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari nilai kelas kontrol serta melebihi standar nilai cukup. Hal itu dikarenakan dengan menggunakan aplikasi speaky mahasiswa dapat mempraktikan secara langsung dengan seseorang yang menggunakan bahasa inggris sebagai penutur asli yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Kata Kunci: keterampilan memperkenalkan diri, speakly.com, mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Agus, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal: EDUCATIO. Vol 6 (2).

Alfianika, N. (2022). Analisis Alat Evaluasi Penilaian Keterampilan Menulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8 no 12(25 Juli 2022), 484–493. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6970708

Christian, J. & L. T. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Chineseskill dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Jurnal: Cakrawala Linguista. , vol 4 (2).

Herry Setyawan, W. & T. N. (2021). Pengaruh E-Module Speaking Berbasis Website untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. AKSARA, Vol 07 (02).

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Vol. 13 No. 3 Juli 2024

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV, Alfabeta.

Susiyanti, E. & N. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring dengan Bantuan Video Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangkaraya




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.12180

Article Metrics

Abstract - 381 PDF - 264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats