EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN SISWA KELAS VII DI SMPN 4 KLARI
Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks tanggapan siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran prediction guide. Peneliti memilih model prediction guide agar menarik minat dan keaktifan siswa. Populasi penelitian berasal dari 411 siswa. Sampel kelas VII B terdiri atas 42 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII-J terdiri atas 42 orang sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan yaitu eksperimen kuasi (quasi experiment) dan memakai desain nonequivalent control group design. Data pretest-posttest menunjukkan kedua kelas bersifat normal dan homogen. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks tanggapan yang dibuktikan dari skor posttest kelas eksperimen yang mencapai 77,6. Sedangkan kelas kontrol hanya 55,9. Hasil uji N-Gain menunjukkan skor kelas eksperimen yaitu 0,58 dengan persentase 58% yang artinya memiliki peningkatan dalam kategori sedang dan cukup efektif. Sedangkan pada kelas kontrol N-Gain yang diperoleh sebesar 0,20 dengan persentase 20% yang berarti peningkatannya rendah dan kurang efektif. Hasil uji independent sample t-test 0,000 < 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dan Ho ditolak. Dengan demikian, model pembelajaran prediction guide efektif digunakan dalam peningkatan keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMPN 4 Klari.
Kata kunci: Keterampilan menulis, teks tanggapan, prediction guide
Full Text:
PDFReferences
Betari, R., & Junaidi, J. (2020). Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Prediction Guide dengan Media Gambar Kelas X IPS 3 SMAN 12 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 1.
Dewi, R., Gustiawati, R., & Afrinaidi, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, Vol. 1, No. 2.
Frensivitasari, A., Ariesta, R., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Teks Tanggapan berdasarkan Film Pendek Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Vol. 4, No. 3.
Hariyanti, L., & Rosyida, F., Asror, G, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Menggunakan Metode Amati Tiru Modifikasi (ATM) dengan Media Gambar pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 1 Sambong Tahun Pelajaran 2021/2022. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran), Vol. 1, No. 1
Kosasih, E., & Kurniawan, E. (2020). Jenis-jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.
Mahdiyalatif, R, S., Khoirunnisa, N, S., & Ginanjar, E, S. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Di SDIT Persis Ciganitri. Jurnal Pendidikan, Humaniora, Linguistik Dan Sosial (Jagaddhita), Vol. 1, No. 1.
Nurdiana, A., & Kirana, R, A. (2020). Pengaruh Strategi Prediction Guide terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Utama 3 Bandar Lampung. Journal Article Epsilon, Vol. 2, No. 1.
Rohani. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Bima. BAHTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol. 1. No. 2.
Roymon, D. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Media Mind Map pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 10. No. 4.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Semi, M, A. (2021). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, A, S. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12355
Article Metrics
Abstract - 187 PDF - 205Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.