PENGEMBANGAN BUKCERNALA (BUKU CERITA ANAK BERMUATAN NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA) UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Cerita Anak Bermuatan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila (Bukcernala). Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan mengikuti rancangan 4-D model dari Thiagarajan yang meliputi 1) define, 2) design, 3) development, dan 4) disemination. Secara spesifik penelitian ini memiliki dua tujuan utama yaitu, (1) mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses pengembangan produk yang dihasilkan, (2) menilai sejauh mana kelayakan produk tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa SDI Ta’alumul Huda Bumiayu. Selanjutnya, kegiatan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumen, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengembangan produk “Bukcernala” terkait dengan sikap 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Proses pengembangan buku cerita anak ini melalui enam langkah, yaitu menentukan tema, merancang alur cerita atau storyboard, memilih karakter, membuat ilustrasi, mengintegrasikan berbagai elemen buku, dan melakukan validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan dengan persentase 94%, uji validasi ahli bahasa dengan nilai persentase 90%, dan validasi ahli media mencapai 94.6%. Di sisi lain, respons yang diberikan siswa sangat baik dengan penilaian bahwa buku cerita ini menarik, mudah dipahami, dan dapat menjadi contoh perilaku hidup. Selanjutnya, hasil penilaian guru terhadap produk yang dihasilkan mendapatkan penilaian dengan kriteria “Sangat Baik”. Guru berpendapat bahwa cerita yang disajikan dalam buku cocok digunakan dalam pembelajaran sebagai media pembelajaran untuk penguatan karakter siswa.
Kata kunci: cerita anak, Profil Pelajar Pancasila, pendidikan karakter
Full Text:
PDFReferences
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational Research: Longman, New York London.
Conn, Kathleen. (2013). Bullying in Elementary School: An American Perspective. Forum on Public Policy. Eric: Education Resources Information Center, https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1045682.pdf
Hasanah, Uswatun, Shaleh, Nidzom Muis. (2023). Konsep Pengembangan Pendidikan Karakter Anti-Bulying Melalui Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Sekolah Dasar. Edulab, 8 (2), 195-209.
Olweus, Dan, et al. (2019) Addressing Specific Forms of Bullying: A Large-Scale Evaluation of the Olweus Bullying Prevention Program. Springer: International Journal of Bullying Prevention.
Pratiwi, Indah, Herlina, Gamya Tri Utami. (2021). Gambaran Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. JKEP, 6 (1), 51-68.
Ramadhanti & Muhamad Taufik Hidayat. (2021). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (3), 4566-4573.
Saputri, Mellyana. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SD Kasihan Kabupaten Bantul. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Simatupang, Yusrawati JR, dkk. (2021). Kontribusi Sastra AnakbBagi Perkembangan Nilai Personal Anak dalam Buku Cerita Anak Indonesia. Master Bahasa, 9 (2), 546-552.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i3.12524
Article Metrics
Abstract - 577 PDF - 216Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.