PENGARUH METODE AKTIF REFLEKTIF TERHADAP MENULIS LAPORAN PERJALANAN SISWA KELAS VII SMP BINA PUTRA SEPATAN TIMUR

Siti Nur'Aidah, Ira Anisa Purawinangun

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengalaman siswa seperti kosakata dan kurangnya pemahaman tentang struktur menulis laporan perjalanan. Metode pembelajaran yang digunakan membuat siswa merasa bosan dan kurang termotivasi. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan menulis laporan perjalanan adalah metode pembelajaran Aktif Reflektif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kemampuan menulis laporan perjalanan menggunakan metode pembelajaran konvensional menunjukkan hasil thitung (2,040) < ttabel (2,042),  thitung lebih kecil dari ttabel, ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedan yang signitifan antara siswa kelas kontrol dan eksperimen dalam kemampuan menulis laporan perjalanan di pretes. Setelah pretes dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa dilakukan postes. Hasil penelitian postes diketahui thitung (4,255)  > ttabel (2,042), thitung lebih besar dari ttabel, ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara kemampuan menulis laporan perjalanan dengan menggunakan metode pembelajaran Aktif Reflektif dan siswa yang hanya menerima pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan metode pembelajaran Aktif Reflektif pada kelas eksperimen kemampuan menulis laporan perjalanan siswa lebih baik.

 

Kata kunci : metode Aktif Reflektif, menulis laporan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1259

Article Metrics

Abstract - 340 PDF - 310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats