ASESMEN FORMATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Asesmen formatif memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam konteks Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pengembangan keterampilan dan pemahaman mendalam siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi asesmen formatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan mengidentifikasi dampaknya terhadap peningkatan pemahaman konsep serta keterampilan berbahasa siswa. Metode yang digunakan adalah studi pustaka deskriptif kualitatif, yang mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen formatif mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memberikan umpan balik langsung yang spesifik kepada siswa, sehingga mereka dapat memperbaiki pemahaman dan keterampilan mereka secara tepat waktu. Penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan asesmen formatif mendorong guru untuk menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan inklusif. Berdasarkan temuan ini, diharapkan asesmen formatif dapat diterapkan lebih luas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : asesmen formatif, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298.
Antari, L. P. S. (2019). Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional Indonesia. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(1), 92-108.
Black, P., & Wiliam, D. (2018). Classroom assessment and pedagogy. Assessment in education: Principles, policy & practice, 25(6), 551-575.
Brookhart, S. M. (2017). How to give effective feedback to your students. ASCD.
DeLuca, C., Chapman-Chin, A., & Klinger, D. A. (2019). Toward a teacher professional learning continuum in assessment for learning. Educational Assessment, 24(4), 267-285.
DeLuca, C., LaPointe-McEwan, D., & Luhanga, U. (2016). Teacher assessment literacy: A review of international standards and measures. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 28, 251-272.
Fuadia, L. A., Musbaiti, M., & Pramesti, S. L. D. (2023, July). Analisis Instrumen Asesmen Formatif dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 3, pp. 315-327).
Legi, H., & Toruan, H. L. (2024). Merdeka Belajar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 2(1), 103-116.
Yani, D., & Rachmania, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Melior: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1-7.
Yuniria, A., & Atikah, C. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 56-66.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12699
Article Metrics
Abstract - 951 PDF - 1069Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.