PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENIRU, MENGOLAH, DAN MENGEMBANGKAN (3 M) DALAM KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DI KELAS VIII SMPN 3 SATAP BONEPANTAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menggunakan model pembelajaran 3 M pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Bonepantai, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menggunakan model pembelajaran 3 M pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Bonepantai, 3) Mendeskripsikan hasil pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menggunakan model pembelajaran 3 M pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Bonepantai, dan 4) Mendeksripsikan faktor-faktor yang memengaruhi hasil pembelajaran keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran 3 M pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Bonepantai. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumen, dan tes kemampuan. Data dinalisis berdasarkan teori Miles dan Huberman yang membagi langkah-langkah analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Merujuk pada hasil penelitian, dapat diambil simpulan bahwa perencanaan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah RPP. RPP yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Proses pelaksanaannya pun sudah sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP. Hasil penilaian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran 3 M berhasil membantu siswa untuk memahami materi menyajikan drama dalam bentuk naskah. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Bonepantai adalah 82,10 dengan kategori baik. Sementara itu, penerapan model pembelajaran 3 M berhasil diterapkan karena didukung oleh beberapa faktor, yaitu faktor yang berasal dari siswa, guru, serta sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Meniru, Mengolah, Mengembangkan, Drama, Naskah
Full Text:
PDFReferences
Bahri S. (2017). Pengembang Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1). https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.
Hilimi H, Malabar S, Pulukadang WT. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Menulis
Laporan Hasil Wawancara Siswa Kelas IV SDN. Innovative: Journal Of Social,
Kusumawati K, Doyin M, Mulyono D. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Media Kartu Gambar Dengan Metode Picture and Picture. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).
Marahimin. 2018. Menulis secara Populer. Pustaka Jaya: Jakarta.
Masie SR, Malabar S, Didipu H. 2022. Model Growth Mindset dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Anak. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 11(1). https://doi.org/10.26499/jentera.v11i1.4801.
Pamungkas TPB, Nia Rohayati, Hidayat T. 2019. Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Menggunakan Teknik 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan). Jurnal Diksatrasia, 3(2): 1–14.
Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.
Syahputra. H., Satria, I., dan Astuti, D. P. J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) dalam Pembelajaran MEnulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPIT IQRA' Kota Bengkulu. Jurnal Pustaka Indonesia. 2 (2) PP 127-133
Thabroni G. 2022. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh).
Serupa.Id.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12866
Article Metrics
Abstract - 268 PDF - 231Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.