IMPLIKASI ETIKA KEILMUAN DALAM PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI MAN 2 MOJOKERTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis peran Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran menulis karya ilmiah siswa kelas XI, (2) mengidentifikasi potensi risiko pelanggaran etika keilmuan yang muncul dalam penggunaan AI untuk pembelajaran menulis karya ilmiah, dan (3) merumuskan strategi integrasi etika keilmuan dalam penggunaan AI pada pembelajaran menulis karya ilmiah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MAN 2 Mojokerto. Subjek penelitian terdiri atas kelas XI MIPA 4, yang berjumlah 36 siswa, dan telah menggunakan teknologi AI dalam pembelajaran menulis karya ilmiah, serta seorang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terlibat dalam proses pembelajaran tersebut. Data dikumpulkan melalui tiga teknik utama: wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis tematik, yaitu proses pengidentifikasian, analisis, dan pelaporan pola atau tema yang muncul dalam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memberikan kontribusi positif dalam mempermudah siswa menyusun struktur tulisan, memperbaiki tata bahasa, dan meningkatkan efisiensi proses pembelajaran. Namun, penggunaan AI tanpa bimbingan yang memadai memunculkan risiko plagiarisme, ketergantungan berlebihan, dan penurunan kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk mengatasi tantangan ini, strategi yang diusulkan meliputi penyusunan pedoman etis penggunaan AI, pelatihan literasi teknologi, dan evaluasi pembelajaran berbasis proses. Penelitian ini menegaskan bahwa AI dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif jika digunakan secara bijak dengan pendampingan guru yang memadai. Integrasi nilai-nilai etika keilmuan menjadi kunci dalam memanfaatkan teknologi AI secara optimal untuk mendukung pembelajaran menulis karya ilmiah yang bertanggung jawab.
Full Text:
PDFReferences
Adzan, G. E., & Azhar, A. (2024). Etika Penggunaan Artificial Intelligence dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(4), 2297-2308. https://doi.org/10.54082/jupin.874
Akhyar, M., Zakir, S., Gusli, R. A., & Fuad, R. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Perflexity AI dalam Penulisan Tugas Mahasiswa Pascasarjana. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 219-228.
Bimantoro, A., Pramesti, W. A., Bakti, S. W., Samudra, M. A., & Amrozi, Y. (2021). Paradoks Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi di Era 5.0. Jurnal Teknologi Informasi, 7(1), 58-68. https://doi.org/10.52643/jti.v7i1.1425
Hansen, S., Rostiyantim S. F., & Priyanto, S. H. (2023). Etika Penelitian: Teori dan Praktik. Jakarta: Podomoro University Press (PU PRESS).
Jailani, M. S. (2023). Memahami Etika dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 24-29. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.51
Kumalasari, T., Julia, N. T., Asriati, W. W., Danis, A., Hasibuan, S. M., & Siregar, H. (2024). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence dalam Menulis Karya Ilmiah yang Berkualitas Bagi Mahasiswa STKIP Pangeran Antasari. Jurnal Pengabdian Mandiri, 3(7), 695-700.
Kushariyadi, K., Apriyanto, H., Herdiana, Y., Asy’ari, F. H., Judijanto, L., Pasrun, Y. P., & Mardikawati, B. (2024). Artificial Intelligence: Dinamika Perkembangan AI Beserta Penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mansyur, U. (2017). Peran Etika Tutur Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Sekolah. TAMADDUN: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya. 16(2).69-73
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192-5201.
Maulana, M. J., & Darmawan, C. (2023). Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN, 10(1), 58-66.
Muktapa, M. I. (2021). Implikasi Filsafat Ilmu dan Etika Keilmuan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Modern. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(2), 20-29. https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i2.73
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.
Patty, J., & Que, S. R. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9318-9322. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20437
Pramana, P., Utari, P., Rochimah, H. A. I. N., Setianingrum, V. M., Purwati, E., & Aziz, R. A. (2024). Mitigasi Pelanggaran Etik: Lokakarya Penguatan Kaidah Ilmiah Era Artificial Intelligence pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 158-168.
Putra, S., Risnita, R., Jailani, M. S., & Nasution, F. H. (2023). Penerapan Prinsip Dasar Etika Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27876-27881.
Rahayu, S. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Prosiding PITNAS Widyaiswara, 1, 429-437.
Rochim, A. A. (2024). Kecerdasan Buatan: Resiko, Tantangan dan Penggunaan Bijak pada Dunia Pendidikan. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 13-25. https://doi.org/10.33830/antroposen.v3i1.6780
Sinaga, M. (2024, July). Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) (Vol. 2, No. 1, pp. 115-121).
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, E. (2024). Penggunaan ChatGPT OpenAI Pada Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Dampaknya Bagi Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Unars (Vol. 3, No. 1, pp. 123-130).
Suyitno, S., Wahyuningsih, Y., Febrianti, D., Anisah, A. K., & Wardana, A. W. (2024). Berbagi Praktek Baik Dalam Menyusun Karya Ilmiah Berbasis Artificial Intelligence Melalui Webinar Nasional. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 836-847.
Yarsama, K & Suarta, I. M.(2024). Perspektif Etik dalam Pembelajaran Sastra. SANDIBASA II (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). 2 (1), 126-135.
Zakiyah, N. U., Ameera, V., Ritonga, A. E., Aisah, N., Lingga, S. A., & Akmalia, R. (2024). Penggunaan AI dalam Dunia Pendidikan. Mahira: Journal of Arabic Studies, 4(1), 1-16. https://doi.org/10.55380/mahira.v4i1.797
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.13078
Article Metrics
Abstract - 2258 PDF - 2489Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.