PEMANFAATAN MEDIA ASSEMBLR.EDU SEBAGAI PENGENALAN BUDAYA PADA KETERAMPILAN MENYIMAK MATERI MAKANAN KHAS JAWA TIMUR BAGI PEMELAJAR BIPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan Assemblr.edu sebagai media pembelajaran inovatif dalam pengenalan budaya, khususnya dalam memperkenalkan makanan khas Jawa Timur bagi pemelajar Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah pemelajar BIPA tingkat pemula di Universitas Negeri Surabaya. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk mengaitkan validasi data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Assemblr.edu dalam pembelajaran BIPA memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Media ini mampu meningkatkan eksplorasi visualisasi 3D yang realistis terhadap makanan khas Jawa Timur. Selain itu, penggunaan Assemblr.edu juga dapat mengukung pembelajaran berbasis proyek, seperti pembuatan deskripsi makanan dalam bahasa Indonesia, yang berkontribusi pada peningkatan keterampilan berbicara dan menulis pemelajar BIPA. Dengan demikian, Assemblr.edu memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks pembelajaran bahasa dan pengenalan budaya Indonesia.
Kata kunci: Assemblr.edu, Makanan Khas, Keterampilan Menyimak, BIPA
Full Text:
PDFReferences
Aji Dananto, R., Ayu Yasinta, S., Rahmi Fauzani, S., Salsabila, V., & Saddono, K. (2023). Kuliner Gudeg sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Mendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. 1(6), 1–15.
https://doi.org/10.61132/sintaksis.v1i4.131
Anastasya, A. , A. A. A. , P. S. C. , W. R. R. D. M. K. , S. K. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal “Istana Maimun” untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 14(1), 319–331.
Aprilia Dwi Marlina, Fadhila Anna Gunawan, Johana Prastika Alfa, Musyaffa Izzul Haq, & Kundharu Saddhono. (2024). Kuliner Pecel Madiun sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Mendukung Internasionalisasi Kuliner Bahasa Indonesia. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 324–335. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.911
Assemblr. (2018). Assemblr-Visualize Ideas in 3D and AR. Google Play.
Cahyan, T. S. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Media Pembelajaran Ipas
Menggunakan Aplikasi Assemblr Edu Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 3(9), 2. https://doi.org/10.17977/um068.v3.i9.2023.2
Farinda, F. U. , & K. (2023). Upaya Pengenalan Kuliner Lokal Indonesia Dalam Materi Ajar Bipa Melalui Media Audiovisual. Pramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 10(1), 46–56.
Febriningrum, D. P. , F. D. P. , & P. S. M. (2022). Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS SMAN 8 Surabaya. Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah, 13(1), 1–10.
Fuad, A. D., & Hapsari, Y. T. (2020). Leksikon Makanan Tradisional Dalam Bahasa Jawa Sebagai Cerminan Kearifan Lokal Masyarakat Jawa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 19(1), 27–36. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v19i1.20756
Hali, H. , D. H. , & A. A. H. (2023). Pemanfaatan Budaya Kuliner Indonesia Dalam Pembelajaran Bipa. Jambura: Journal of Lingustics and Literature, 4(1), 177–184.
Lestari, D. W., Rusimamto, P. W., Harimurti, R., & Agung, A. I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(2), 225–232. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p225-232
Lune, H. , & B. B. L. (2017). Qualitative research methods for the social sciences. Pearson.
Milanguni, A. H., Yohanes, B., Udjang Pairin, & Anas Ahmadi. (2025). Nilai Filosofis Tradisi Temu Manten Pada Prosesi Pernikahan Adat Jawa. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 118–123. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6190
Padang, F. A. L. , Ramlawati. , Y. S. T. , &Samputri, S. (2021). Penerapan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Makassar (Studi pada Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup). Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1), 124–135.
Piani, P. A., & Indrawati, D. (2023). Leksikon Makanan Dalam Upacara Pranikah, Nikah, Dan Pascanikah Adat Jawa Di Magetan, Jawa Timur: Kajian Linguistik Antropologi. BAPALA, 10(4), 146–157.
Pradiani, Y. I. P., Amalia, Z., Mirnawati, M., & Muzaki, H. (2024). Optimalisasi Media Digital Quizlet Sebagai Media Pembelajaran Bipa Untuk Keterampilan Berbahasa. Hasta Wiyata, 7(1), 26–41.
Sibarani, R. H., Sherine, S., Simangunsong, Y., Telaumbanua, S., & Syahfitri, D. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Untuk Pengenalan Kosa Kata Makanan Khas Batak Toba Sebagai Media Pembelajaran Bipa. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 755–761. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.537
Sruniyati, F. , Y. C. , & E. M. (2024). Pengembangan Materi Ajar Keterampilan
Menyimak BIPA Level 2 Bermuatan Budaya Daerah di Indonesia Berbasis Media Audio Visual . Journal on Education, 6(3), 16950–16957.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Tsabita, H., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). Makna Makanan Tradisional pada Tradisi Ruwah Rasul Pernikahan Masyarakat Kediri Sebagai Wawasan
KeIndonesiaan Bagi Pelajar BIPA. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa
Indonesia, 7(3), 387. https://doi.org/10.30998/diskursus.v7i3.23656
Utama, A. W., Rohim, F. N., Tiranita, G., Prihartanti, N., & Saddhono, K. (2024). Inovasi dalam Pembelajaran Bipa: Pemanfaatan Dodol Garut Sebagai Pengajaran Kuliner yang Menarik. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 20. https://doi.org/10.30659/jpbi.12.1.20-31
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.13802
Article Metrics
Abstract - 96 PDF - 142Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.