METODE LISTENING TEAM DAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DALAM PENGAJARAN MENYIMAK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Metode dan model pengajaran Bahasa saat ini sangat bervariasi, sehingga para pengajar dapat leluasa memilih metode dan model pembelajaran yang cocok digunakan dalam proses belajar Bahasa Indonesia. Para pengajar dapat menerapkan metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan keterampilan berbahasa. Pada keterampilan menyimak, metode yang dapat digunakan yaitu Metode Listening Team dan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR). Metode dan model pembelajaran bahasa Indonesia tersebut merupakan metode dan model yang terdapat dalam pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning). Dua metode pembelajaran kooperatif tersebut memiliki sasaran untuk mengasah keterampilan menyimak siswa Sekolah Dasar. Oleh karena, metode Listening Team dan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat merangsang memfokuskan perhatian siswa dan mengasah kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Listening Team, Auditory Intellectually RepetitionFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2395
Article Metrics
Abstract - 2890 PDF - 8234Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.