BENTUK KOSAKATA EMOSI KEGEMBIRAAN ANAK USIA DINI (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

Ilmi Solihat, Ade Anggraini Kartika Devi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh psikolinguistik yang menitikberatkan bahasa sebagai objek formalnya, membahas pemerolehan kosakata anak usia dini khususnya dalam menyampaikan emosi kegembiraannya. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan mendeskripsikan bentukbentuk kosakata emosi kegembiraan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif bersifat deskriptif. Objek penelitian ini berfokus dalam tuturan 1 atau 2 kata yang dituturkan oleh anak usia dini. Peneliti mengidentifikasi kosakata, dan maksud tuturan anak usia dini. Objek penelitian ini yaitu anak usia dini di PAUD Nusantara Kec. Solear. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Santosa, dkk yang mengemukakan ada 2 jenis bentuk kosakata dan dianalisis menggunakan makna leksikal dan makna kontekstual. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan teknik pustaka, teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik catat. Analisis penelitian yang digunakan yakni teknik perluas pada data yang diperoleh dari hasil catatan lapangan, dokumentasi, dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini termasuk 52 data dari tuturan anak usia dini, 49 kosakata dasar, dan 3 kosakata berimbuhan.

Full Text:

PDF

References


Dewantara, K.H. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Kteladanan, Sikap Merdeka (I)Pendidikan.

Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa.

Dzarna. 2019. Pemerolehan Kosakata Siswa PAUD Al- Istiqlal dengan Strategi Penggunaan

Bnetuk Nonverbal. Jember. Universitas Jember.

http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/download/1864/1528 (diakses 12

November 2021)

Mashar, Riana. 2015. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Prenada

media Grup.

Musfiroh, Tadrikotun. 2017. Psikolinguistik Edukasional (Psikolinguistik untuk Pendidikan

Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Noerizka, P. F. 2017. Ekspresi Kegembiraan Anak dalam Model Pembelajaran Sentra

Kelompok B TK ABA Jogokaryan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Yogyakarta: PGPAUD UNY. https://core.ac.uk/download/pdf/132421205.pdf (diakses pada tanggal 18

Desember 2020)

Keraf, Gory. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia.

Kuntjono. 2010. Strategi pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Balai Pustaka.

Puji Santosa, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Rodisin, O. 2014. Percikan Linguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Serang:

UNTIRTA Press.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana

Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Suryana, D. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini ”Stimulasi dan Perkembangan Anak”. Jakarta:

Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5793

Article Metrics

Abstract - 1363 PDF - 1093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats