RUBRIK “KALAM” MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH SEBAGAI SUMBER MATERI MODUL SINTAKSIS BAHASA INDONESIA

Sudarmini Sudarmini, Sudaryanto Sudaryanto, Pujiati Suyata

Abstract


Rubrik “Kalam” majalah Suara Muhammadiyah memiliki potensi sebagai sumber materi modul Sintaksis Bahasa Indonesia. Hal itu dilatarbelakangi karena dalam rubrik “Kalam” memuat kalimatkalimat koordinatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kalimat-kalimat koordinatif dalam rubrik “Kalam” majalah Suara Muhammadiyah. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasar sadap, dan diikuti teknik lanjutan simak bebas libat cakap (SBLC) dan catat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL), dan diikuti teknik lanjutan lesap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tulisan rubrik “Kalam” majalah Suara Muhammadiyah memuat (1) kalimat koordinatif hubungan makna penjumlahan dengan penanda dan, serta, dan selain, (2) kalimat koordinatif hubungan makna perturutan dengan penanda kemudian, (3) kalimat koordinatif hubungan makna pemilihan dengan penanda maupun, (4) kalimat koordinatif hubungan makna perlawanan dengan penanda tapi, padahal, namun, dan sedangkan, dan (5) kalimat koordinatif hubungan makna lebih dengan penanda bahkan.

Kata kunci: rubrik, Suara Muhammadiyah, modul sintaksis


Full Text:

PDF

References


Ervida, N. & Markhamah, M. (2015). Frasa Nomina Posesif dalam Cerita Pendek di Majalah Suara Muhammadiyah Tahun 2014. Skripsi sarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ghufron, W. & Sudaryanto, S. (2022). Kalimat retoris dalam rubrik “Tajuk” majalah Suara Muhammadiyah. Kode: Jurnal Bahasa, Vol. 11, No. 1, Hal. 105-117.

Hasyim, M. W. (2008). Dakwah bertingkat majalah Suara Muhammadiyah. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah, Vol. 9, No. 1, Hal. 81-97.

Kridalaksana, H. (2011). Kamus linguistik edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Noortyani, R. (2017). Buku ajar sintaksis. Yogyakarta: Penebar Pustaka Media.

Rohmah, F. (2020). Pengembangan modul sintaksis bermodel Discovery Learning untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 20,

No. 1, Hal. 111-120.

Rohmani, H., Markhamah, M., & Nasucha, Y. (2013). Analisis Wacana pada “Bingkai” Majalah Suara Muhammadiyah dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA. Tesis magister, Fakultas Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Septiana, I., Asropah, A., & Ripai, A. (2021). Kebutuhan Guru dalam Pengembangan Buku Bahasa Indonesia SMA Berbasis Sintaksis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 5, No. 2, Hal. 191-197.

Sudarmini, S. & Suyata, P. (2021). Modul mata kuliah Sintaksis: Kalimat. Yogyakarta: UAD Press.

Sudaryanto (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sukmono, F. G. & Junaedi, F. (2020). Manajemen konten dan adaptasi Suara Muhammadiyah di era digital. Jurnal Komunikasi Global, Vol. 9, No. 2, Hal. 248-265.

Supriyadi. (2014). Sintaksis bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Suwarno, S. (2019). Pemanfaatan Majalah Suara Muhammadiyah edisi 2015 Sebagai Sumber Belajar Dinamika Peradaban Islam. Tsaqafah, Vol. 15, No. 1, Hal. 119-136.

Suyuthi, H., Apriani, R., & Yuniati, I. (2022). Implikatur pada Kolom Jalan Pinggir “Bung Santri” dalam majalah Suara Muhammadiyah. Lateralisasi, Vol. 10, No. 1, Hal. 161-

Tabroni, R. & Qusyaeri, N. (2022). Teologi Pemberitaan Covid-19 pada Majalah Suara Muhammadiyah edisi “Wabah Semakin Parah”. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian

dan Studi Ilmu Komunikasi), Vol. 3, No. 1, Hal. 38-49.

Utami, S. R. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 2, Hal. 189-




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8055

Article Metrics

Abstract - 353 PDF - 226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats