PERJUANGAN POLITIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL NEGERI DI UJUNG TANDUK KARYA TERE LIYE

Eka Fatikasari, Sugiarti Sugiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tujuan perjuangan politik tokoh utama dan (2) faktor pendorong perjuangan politik tokoh utama. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menyajikan atau menelusuri data yang mendalam tentang suatu gejala, fakta, dan realita secara sosial. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis perjuangan politik tokoh utama dalam bentuk penggambaran secara detail.  Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra yang memahami suatu karya sastra dari segi sosial atau masyarakat dengan memfokuskan pada analisis yang memiliki hubungan dengan perjuangan politik. Sumber data berupa novel Negeri Di Ujung Tanduk karya Tere Liye. Data penelitian ini adalah sekuen cerita  berupa  paragraf maupun kalimat yang berkaitan tentang perjuangan politik tokoh utama. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat dengan pemanfaatan studi pustaka. Teknik baca dilakukan dengan membaca berulang-ulang novel Negeri Di Ujung Tanduk. Teknik catat dilakukan dengan mencatat bagian penting yang menunjukkan perjuangan politik tokoh. Teknik analisis data menggunakan analisis isi dengan pembahasan mendalam dalam suatu teks dan mengetahui deskripsi dari isi teks untuk mengambil sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa tujuan perjuangan politik tokoh utama dilakukan untuk menegakan hukum dan menyingkap jaringan pelaku kejahatan. Adapun faktor pendorong perjuangan politik meliputi (1) kemauan, (2) motivasi, dan (3) keinginan.

 Kata kunci: perjuangan, politik, hukum, keadilan


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, S. E. (2019). Buku Ajar Human Relations. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Aziz, A. (2021). Nilai Moral dan Nilai Perjuangan dalam Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni, Vol.1, Hal. 91-98.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Liye, T. (2015). Negeri Di Ujung Tanduk. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maliki, Z. (2018). Sosiologi politik: Makna kekuasaan dan transformasi politik. Yogyakarta: UGM Press.

Moho, H. (2019). Penegakan Hukum di Indonesia Menurut Aspek Kepastian Hukum, Keadilan dan Kemanfaatan. Warta Dharmawangsa, Vol. 13. No. 1.

Rumadi, H. (2020). Representasi nilai perjuangan dalam novel berhenti di kamu karya gia pratama. Semiotika: Jurnal ilmu sastra dan linguistik, 21(1), 1-9. Semiotika: jurnal ilmu sastra dan linguistik, Vol. 21. No.1, Hal. 1-9.

Salam, A. (2015). Salam, A. (2015). Pengaruh politik dalam pembentukan hukum di Indonesia. Mazahib, 14(2). Mazahib, Vol. 14. No. 2, Hal. 120.

Samsuar. (2019). Atribusi. Jurnal Network Media, Vol. 2. No. 1.

Sephia, K. (2017). Nilai-Nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Penjaga Mata Air karya Hidayat Banjar: Analisis Sosiologi Sastra. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Setiawan, A. (2016). Nilai Perjuangan Tokoh Utama Novel Sarifah Karya Dul Abdul Rahman. Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol.3. No. 2.

Sitorus, F, K. (2020). Teori pengakuan axel honneth: Perjuangan untuk pengakuan (Bag. Ii). Teori pengakuan axel honneth: Perjuangan untuk pengakuan (Bag. Ii).

Suparman, E. (2017). Menolak mafia peradilan: Menjaga integritas hakim-menyelaraskan perbuatan dan nuraninya. Jurnal Hukum & Pembangunan, Vol. 47. No. 1, Hal. 61.

Syahid, N. (2021). Kyai sebagai Pemimpin Pendidikan Pesantren dan Politik (Tinjauan filosofis). QUDWATUNA, Vol.4. No. 1, Hal. 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8270

Article Metrics

Abstract - 144 PDF - 168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats