PERBANDINGAN PENGGUNAAN FILTER UDARA STANDAR DAN RACING TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MOTOR SCOOPY 110CC

lufi agung fauzi lufi agung fauzi, anes inda rabbika, anes inda rabbika

Abstract


Performa mesin mencakup daya, torsi dan durbality pada mesin cara untuk meningkatkan performa mesin salah satunya adalah dengan melakukan penggantian filter udara standar dengan filter udara racing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan antara perbandingan penggunaan filter udara dan emisi pada sepeda motor scoopy 110cc. Berapa power (daya) dan torsi yang dihasilkan setelah dilakukan penggantian filter racing.Metode penelitian menggunakan metode literatur dan eksperimen dengan berbagai ilmu yang bersumber dari buku, termasuk penelitian dan eksperimen atau percobaan dalam sebuah perubahan elemen. Berdasarkan hasil analisis data penelitian terdapat perbedaan antara filter udara racing dan filter standar. Yakni dari segi emisi gas buang dan performa. filterasi standar lebih padat sehingga penyaringan lebih bagus namun lebih banyak hambatan udara. Sedangkan pada filter racing filterasinya berkurang karena hanya menggunakan busa. Namun, udara yang masuk lebih flow atau lebih banyak dari sebelumnya. Terdapat perubahan performa mesin pada daya dan torsi, diambil dari data hasil dynotes yaitu dengan daya mencapai yaitu untuk daya 7.16 HP di 7436 RPM dan torsi 10.5 Nm di 4529 RPM. Hasil emisi gasbuang jga menunjukan yaitu dengan HC (HidroCarbon) yaitu bahan bakar yang keluar dari injector 120 ppm vol dan CO2 CarbonDioksida (udara yang dihisap kendaraan) 5,5 %vol menghasilkan sisa campuran dari hasil pembakaran = λ (lamda) 2.490. Penggunaan filter racing sangat berpengaruh besar terhadap performa mesin baik itu daya maupun torsi karena adanya angka kenaikan pada saat dyno tes terdapat perubahan pada daya dan torsi.

kata kunci : Racing, Daya, dan Torsi.


References


Sudrajad A and Firmansyah W, ‘70 STUDI VARIASI TEGANGAN DISCHARGE PADA ALAT ELECTROSTATIC PRECIPITATOR UNTUK FILTER UDARA’, 2019. [Online]. Available: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jwl

W. Nasita Melo, S. Sompie, and E. Kendek Allo, ‘Rancang Bangun Alat Pembersih Udara Dalam Ruang Tertutup Dengan Metode Ionisasi’, 2015.

A. Fatkhuniam, M. Burhan, R. Wijaya, and A. Septiyanto, ‘PERBANDINGAN PENGGUNAAN FILTER UDARA STANDAR DAN RACING TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MESIN SEPEDA MOTOR EMPAT LANGKAH’, 2018. [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/issue/view/1599

F. Winanda, ‘PENGGUNAAN FILTER UDARA SEBAGAI UPAYA REDUKSI EMISI GAS BUANG PENYEBAB PEMANASAN GLOBAL DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS AKHIR SEMESTER 2 MATA KULIAH BAHASA INDONESIA Oleh’.

M. A. Setiawan, H. Luthfi, and A. Rijanto, ‘PERBANDINGAN PENGGUNAAN FILTER UDARA STANDAR & RACING TERHADAP PERFORMA MESIN HONDA VARIO 125 CC’, SMART CITY AND SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS, vol. 1, no. 1, 2022.

A. N. Syaief and K. D. Artika, ‘COMPARISON OF THE USE OF STANDARD AIR FILTERS WITH MODIFICATION OF MACHINE PERFORMANCE’, Scientific Journal of Mechanical Engineering Kinematika, vol. 5, no. 1, pp. 11–22, Jun. 2020, doi: 10.20527/sjmekinematika.v5i1.128.

U. M. Sidoarjo, R. Putra Permadi, and E. Widodo, ‘The Effect of Modified Air Filters to Improve Performance of Matic Motorcycles 110 cc Pengaruh Filter Udara Modifikasi untuk Menaikkan Performa Motor Matic 110 cc’, 2021.

P. Pemanfaatan Filter Udara Berbahan Zeolit Teraktivasi Fisik Menggunakan Microwave Terhadap Akselerasi Sepeda Motor Bensin et al., ‘DAFTAR ISI’, 2020.

A. Novananda, I. Rahmawati, D. Hery Astuty, and L. Suprianti, ‘KARBON AKTIF DARI BATUBARA LIGNITE DENGAN PROSES AKTIVASI MENGGUNAKAN HIDROGEN FLOURIDA ACTIVATED CARBON FROM LIGNITE BY HYDROGEN FLUORIDE ACTIVATION’.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v8i2.11507

Article Metrics

Abstract - 454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 lufi agung fauzi lufi agung fauzi, anes inda rabbika, anes inda rabbika

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License