PENGARUH VARIASI SUDUT PRIMARY PULLEY PADA TRANSMISI SEPEDA MOTOR SCOOPY 110 CC TAHUN 2014 TERHADAP DAYA DAN TORSI
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari bidang kegiatan transportasi sangat penting, secara umum diartikan sebagai perpindahan barang atau orang dari satu tempat ketempat lain. Seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat dan semakin meningkatnya jumlah penduduk, maka aktivitas transportasipun juga meningkat. Dengan transportasi yang lancar maka distribusi barang dan jasa juga akan semakin mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi sudut primary pulley pada transmisi sepeda motor scoopy 110 cc tahun 2014 yang responsive untuk mengetahui pengaruh sudut kemiringan primary pulley dari sudut pulley standart dipakai 15,5º menjadi 12o dan 13º. Pulley adalah komponen terpenting dalam motor matic yang berguna untuk memindahkan kecepatan yang sudah sesuai dengan RPM pada mesin secara otomatis tanpa menggunakan gigi transmisi. melainkan menggunakan v-belt sebagai penghubung atau penerus putaran yang terjadi pada kedua pulley. Hasil penelitian untuk mengetahui pengaruh variasi sudut kemiringan primary pulley 12o dan 13o terhadap daya dan torsi. Dengan menggunakan sudut Primary Pulley 12 pada kecepatan rpm 6000 menghasilkan 4 Hp dan 5,42 Nm. Nm dan sudut Primary Pulley 13o pada kecepatan rpm rpm 6000 menghasilkan 7,9 Hp dan 9,35 Nm.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi Wahyu. (2012). pengembangan media pembelajaran continuous variable transmission (cvt) sepeda motor menggunakan macromedia flash untuk pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Bambang Lipuro Bantul. Skripsi. Yogyakarta: FT Universitas Negeri Yogyakarta.
Anonim. Primary Pulley. Diperoleh 28 September 2017
Anonim. Spesifikasi Motor Scoopy Fi 2014. Diperoleh 2 September 2017
Gede Tangkas Arta Susena dkk. 2017. pengaruh sudut primary pulley dan variasi berat roller terhadap torque dan rpm pada motor ganesha electric vehicles 1.0 base continous variable transmision (cvt). Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (JJPTM) Volume: 7 No : 1.
Hidayat, Wahyu. (2015). Trans-Matic Pemindah Daya Kendaraan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, Wahyu. (2012) . Motor Bensin Modern. Jakarta: Rineka Cipta.
Kristanto, Philip. (2015). Motor Bakar Torak. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Marsudi. (2016). Teknisi Otodidak Sepeda Motor Matic. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Maskurmambang. (2011). Akselerasi dan Torsi. Diperoleh 18 September 2017
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5710
Article Metrics
Abstract - 700 PDF - 677DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5710.g2945
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hendra Harsanta, Parta Parta
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License