RANCANG BANGUN TURBIN ANGIN SAVONIUS POROS VERTIKAL DENGAN KINCIR 4 SUDU SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK PADA PENERANGAN JALAN RAYA

Parta Parta, Rofiroh Rofiroh

Abstract


Manusia membutuhkan energi untuk melakukan kehidupan sehari-hari misalnya untuk berjalan, berlari, bekerja, atau beraktivitas. Selain itu manfaat energi penting untuk kebutuhan lain, yang juga bisa diubah menjadi listrik untuk keperluan manusia sehari-hari. Indonesia memiliki kekayaan sumber daya energi, yaitu tenaga air (Hydropower), panas bumi, gas bumi, batubara, gambut, biomassa, biogas, angin, energi laut, matahari dan lainnya dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif, menggantikan bahan bakar minyak, yang semakin terbatas baik jumlah cadangannya, dan gas hasil proses pembakaran dari energi fosil menciptakan polusi yang sangat merusak lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan. Melihat potensi kota besar di Indonesia yang notabenenya banyak dijumpai kendaraan dan jalan-jalan besar sehingga menjadi sebuah trobosan untuk membangun suatu turbin angin yang nantinya diaplikasikan di titik-titik tertentu suatu daerah pada jalan raya sebagai pembangkit listrik pada penerangan jalan raya seperti pada berbagai jalan di negara-negara maju Penelitian ini menggunakan metode perancangan eksperimen yaitu pengumpulan data sebagai bahan untuk menyusun laporan skripsi.Pada tahap perencanaan menggunakan studi lapangan,metode interview, studi literature.proses pelaksanaan dimulai dari survey harga material, desain,pembuatan komponen,perakitan dan pengujian alat. Dalam rancang bangun turbin angin savonius melalui beberapa proses yaitu proses perancangan dan desain turbin menggunakan software CAD, melakukan perhitungan dan pembelian material, dan yang terakhir adalah proses pembuatan dan assembly bagian turbin itu sendiri. Adapun jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan rancang bangun turbin angin savonius yaitu sebesar Rp 5.744.203,- (Lima Juta Tujuh Ratus Empat puluh Empat Ribu Dua Ratus Tiga Rupiah)


Keywords


Jalan Raya; Pembangkit Listrik; Rancang Bangun; Anggaran Biaya.

Full Text:

PDF

References


Bambang Sulaksono, 2019, Perancangan Sudu Tangkap Terhadap Variasi Kecepatan Angin Pada Turbin Angin, Jurnal Ilmiah TEKNOBIZ, Vol. 9 No. 2.

Burton T, Sharpe D, Jenskin N, Bossanyi E. 2001. Wind Energy Handbook .New York: Wiley.

Daniel Teguh Rudianto, Nurfi Ahmadi, 2016, Rancang Bangun Turbin Angina Savonius 200 Watt, Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Kedirgantaraan (SENATIK), Vol. II, 26 November 2016, ISSN: 2528-1666.

Fritz Dietzel. 1988. Turbin Pompa Dan Kompresor, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ikbal Pandu Prakoso, Dr. Ir. Priyagung Hartono, Ir. Hj. Unung Lesmanah, 2018, Perencanaan Turbin Angin Sumbu Vertikal Tipe Darrieus-H Dengan Penambahan 2 Blade Tipe Savonius Untuk Pembangkit Listrik, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang, Jawa Timur.

Ir. Jack Stolk, C. Kros. 1986. Elemen Mesin, Elemen Kontruksi Bangunan Mesin, Jakarta : Penerbit Erlangga.

M. Haydarul Haqqqi, Dr. Gunawan Nugroho, ST. MT., Dr. Ir. Ali Musyafa’ M.Sc, 2013, Rancang Bangun Turbin Angin Vertikal Jenis Savonius Dengan Variasi Jumlah Blade Terintegrasi Circular Shield Untuk Memperoleh Daya Maksimum, Jurnal Teknik Pomits Vol. 7, No. 7, (2013) 1-6

Pembangkitlistrik.Com – Pembangkitan Daya Pada Pembangkit Listrik Tenaga Bayu – Rabu, 29 Juli 2020 –https://www.pembangkitlistrik.com/daya-pada-pembangkit-listrik-tenaga-bayu/

Sugata Kiyokatsu. 1987 Sularso. Dasar Perancangan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: PT.Pradnya Paramita

Syukri Himran. 2019. Energi Angin. Yogyakarta: Andi.

Wikipedia – Turbin Angin – Rabu, 29 Juli 2020 –https://id.wikipedia.org/wiki/Turbin_angin




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i2.5750

Article Metrics

Abstract - 834 PDF - 1661

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i2.5750.g2971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Parta Parta, Rofiroh Rofiroh

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License