ANALISIS PERFORMANCE VELG VROSSI HONDA SCOOPY DENGAN FINITE ELEMENT ANALYSIS METHOD (FEAM) MENGGUNAKAN SOLIDWORKS

Ahmad Iskandar, Agus Sulaeman, Rofiroh Rofiroh, Pratama Rizky

Abstract


Perkembangan dunia otomotif dari tahun ke tahun semakin meningkat dan bergerak sangat cepat. Hal ini didukung oleh keadaan dimana saat ini kendaraan bukan lagi menjadi hal mewah. Berdasarkan Badan Pusat Statistik kendaran sepeda motor pada tahun 2018 berjumlah 106.657.952 dan pada tahun yang berikutnya tahun 2019 berjumlah 112.771.136 dengan presentase pertahun 6,20%. Velg merupakan komponen penting bagi setiap kendaraan, berfungsi pada sistem suspensi kendaraan yang menumpu beban static dan beban dinamik pada suatu kendaraan. Standar velg kendaraan bermotor diatur dalam SNI 1896:2008 yang mengacu pada JASO C 614- 87 Disc Wheel for Automobile, JIS D 4103-1998 Disc Wheel for Automobile, dalam beberapa syarat mutu dan kualitas. Metode FEA dapat menyelesaikan masalah struktur kompleks pada mekanika benda padat untuk menghasilkan solusi berupa tegangan, regangan, defleksi hingga umur fatigue. Disamping itu metode ini juga perlu adanya pendukung oleh perangkat lunak berbasis CAE seperti program Solidworks. Solidworks mampu menghitung regangan dan tegangan pada velg Honda Scoopy. Untuk mempermudah menghitung secara numeric serta membuat desain velg Honda scoopy.


Keywords


Velg; Design; Solidworks; Tegangan; Regangan.

Full Text:

PDF

References


Anggono, W., Pisa, B. F., Susilo, S. H., (2011) Sustainable Product Design for Motor Cycle Cast Wheel using Finite Element Application and Pugh’s Concept Selection Method, Seminar Nasional Teknik Mesin

Departemen Perindustrian, Badan Standar Nasional Indonesia (2008) Pelk Kendaraan Bermotor Kategori L. Jakarta

Dieter George E, (1987). Metalurgi Mekanik (Edisi Ketiga). (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Giesecke, Frederick E. (2001) Gambar Teknik. Jakarta: Erlangga

Handoyo, Y. (2013) Perancangan Alat Uji Impak Metode Charpy Kapasitas 100 Joule. Jurnal Ilmiah, Bekasi: Program Studi Teknik Mesin, Universitas Islam.

Harsokoesoemo, HD. (1999) Pengantar Perancangan Teknik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Imron, M. (2010) Kajian Ketahanan Kejut (Impact) Beton Kertas Pada Variasi Campuran. Laporan Tugas Akhir, Surakarta: Program Studi Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret.

Irawan, AH., Majanasastra, RBS., Rahmanto, RH. (2016) Analisis Kekuatan Velg Cast Wheel Sepeda Motor Dengan Perangkat Lunak Berbasis Metode Elemen Hingga. Jurnal Ilmiah, Bekasi: Program Studi Teknik Mesin, Universitas Islam.

J. P. Den Hartog (1952) Advanced Strength of Materials. New York: McGraw-Hill Book Company.

Jensen, A. And Chenoweth, Harry H. (1983) Applied Strenghth of Material (fourth edition). McGraw-Hill inc.

Kosasih, PB. (2012) Teori dan Aplikasi Metode Elemen Hingga. Yogyakarta: Andi Publisher.

Malau, Viktor. (2008). Pengaruh Perlakuan Panas Quench Dan Temper Terhadap Laju Keausan, Ketangguhan Impak Kekuatan Tarik Dan Kekerasan Baja XW 42 Untuk Keperluan Cetakan Keramik. Jurnal Media Teknik.

Prabowo, SA. (2010) Easy To Use Solidworks 2009. Yogyakarta: Andi Publisher.

Putra, RVBB. (2016) Analaisa Dan Perancangan Pembuatan Engine Stand Transmisi Toyota Kijang 4K Dengan Menggunakan Software Solidworks 014. Laporan Tugas Akhir, Yogyakarta: Program Studi Teknik Mesin, Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta

Sudjana, Hardi. (2008) Teknik Pengecoran Logam, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuru




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i1.5811

Article Metrics

Abstract - 345 PDF - 123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Iskandar, Rofiroh Rofiroh, Pratama Rizky

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License