PERANCANGAN CONVEYOR PADA MESIN PEMBUAT MIE OTOMATIS

Ellysa Kusuma Laksanawti, Efrizal Efrizal, Dani Andry Kusuma

Abstract


Berawal dari permasalahan yang ada di industri rumahan pada proses pembuatan mie dan yang dilakukan dengan metode konvensional, dimana kurangnya fasilitas alat otomatis mengharuskan para karyawan melakukan pengolahan secara manual, hal ini tentunya menyebabkan produktifitas dan kualitas produk UKM tersebut kurang maksimal. Produktifitas dan kualitas di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya mengharuskan pekerja lebih teliti dalam hal pengolahan, kelelahan pekerja yang membuat kurang maksimalnya dalam menggunakan waktu, serta kecepatan dari pekerja itu sendiri. Oleh sebab itu penulis merancang mesin pembuat mie secara otomatis yang dipadukan dengan conveyor yang disesuaikan dengan industri rumahan, setelah memahami dan mempelajari masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mengumpulkan data/informasi mengenai mesin pembuat mie otomatis yang efektif. Pada tahap perencanaan menggunakan studi lapangan, metode interview, studi literatur. Proses pelaksanaan dimulai dari survey harga material, desain, pembuatan komponen, dan perakitan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam perancangan pembuatan alat mesin pembuat mie otomatis ini menggunakan Software Inventor. Produk yang dihasilkan dari mesin mie otomatis 1 kg/menit dan manual 400 gr/menit. Hasil dari perhitungan kecepatan conveyor didapatkan 0,62 m/s.


Keywords


belt conveyor; mesin pembuat mie otomatis; Software Inventor.

Full Text:

PDF

References


Bram. 2008. Desain Produk 3: Aspek-aspek Desain.

H. Darmawa Harsukusoemo. 2000. Pengantar Perancangan Teknik /Perancangan Produk. Bandung : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Harsono dkk 1991, “Teknologi Pengelasan Logam”, Pradya Paramita, Jakarta.

Sato, G Takeshi, N Sugiarto H, 1996.“Menggambar Mesin Menurut Standar ISO”. Cetakan ketujuh, PT. Pradnya Paramitha, Jakarta

Scott, 1991. George M. Scott, Perancangan System, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1991.

Silalahi, 2013, Pengertian Conveyor, Bandung.

Singer, F.L., dan Andrew pytel, 1995, Ilmu Kekuatan Bahan (Teori Kokoh Strength of Material), alih bahasa Darwin Sebayang, edisi II, Erlangga, Jakarta.

Sularso. (2008). Elemen Mesin. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Suratman, Maman. 2001. Teknik Mengelas Asetilin, Brazing, dan Las Busur Listrik. Bandung : Pustaka Grafika.

Toha, Juanda, (2002), Perancangan, Pemasangan, dan Perawatan Konveyor Sabuk dan Peralatan Pendukung, Bandung: PT. Junto Engineering.

Ulrich & Eppinger. Industrial Designers Society of America (IDSA). (2008 : 190)

UPN "Veteran" Jatim. Pengertian Perancangan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i1.5815

Article Metrics

Abstract - 1194 PDF - 324

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i1.5815.g3577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ellysa Kusuma Laksanawti, Efrizal Efrizal, Dani Andry Kusuma

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License