INVESTIGASI PERSENTASE KENAIKAN DAYA DAN TORSI AWAL PUTARAN MESIN PADA MOTOR BAKAR 125 CC DAN 250 CC

Riki Candra Putra, Agus Sulaeman, Rofiroh Rofiroh, Andri Suhendri

Abstract


Daya dan torsi merupakan parameter yang banyak diperhatikan oleh penggemar otomotif. Tidak banyak peneliti yang memperhatikan kenaikan daya dan torsi saat motor mulai dijalankan hingga mencapai nilai maksimum. Pada grafik hasil pengujian dynamometer sering terlihat perbedaan kenaikan daya dan torsi di awal putaran, torsi selalu naik lebih cepat hampir mencapai nilai maksimumnya meskipun masih pada putaran rendah, dan daya masih berada nilai yang rendah terhadap nilai maksimumnya. Hal ini bisa disebabkan rasio gearbox yang dimiliki oleh kendaraan sepeda motor tersebut atau juga volume silinder kendaraan. Pada pengujian dengan menggunakan alat dynamometer untuk motor 125cc dan 150cc di dapat dibuat persentase nilai daya dan torsi. Nilai persentasi torsi pada motor 125cc mempunyai kenaikan yang cukup besar meskipun masih putaran rendah yaitu sebesar 2000 rpm di dapat torsi sebesar 52% disaat daya masih 14%, dan kenaikan torsi sudah mencapai 90% disaat daya masih 32% pada putaran 2750 rpm. Lain halnya dengan kanaikan daya dan torsi pada motor 150cc, putaran yang lebih tinggi merupakan putaran awal dari motor 150cc, pada kenaikan torsi sebesar 69% disaat daya masih 43%, dan kenaikan torsi sebesar 92% disaat daya masih 69% dan putaran sudah mencapai 6023 rpm.


Keywords


Persentase; Kenaikan; Daya; Torsi, Motor Bakar, Tanjakan, Gaya Dorong

Full Text:

PDF

References


Albana Hasan Muhammad (2016). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar dengan Angka Oktan yang Berbeda terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas Buang Mesin. Jurnal Integrasi Vol. 8, No. 2, October.

BERA, P. (2017). Torque characteristic of SI engine in dynamic operating states. Journal of COMBUSTION ENGINES 171(4), 175-180

Dani Irawan (2017). PENGARUH JENIS BUSI DAN CAMPURAN BAHAN BAKAR TERHADAP

-4979

KONSUMSI BAHAN BAKAR MOBIL EFI.

Jurnal Teknik Mesin, Volume 6, Nomor 1

Eki Rifki, Wijaya Rubai Burhan M. (2020). PENGARUH STROKE UP TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI P ADA YAMAHA JUPITER Z DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI BAHAN BAKAR. Automotive Science and Education Journal 9

(2).

Hasan Hanapi, Paloboran Marthen (2017). Influence

of the Compression Ratio and Duration Injection on Performance and Emission of Sinjai Engine Type Flexible Fuel Engine 150 cc Fueled Bioethanol E70. International Seminar on Science and Technology (ISST), Vol. 01, No. 1, pages 78-81

Josef Popelka (2020). Measurement of the Torque of an Internal Combustion Engine Using Equipment of Our Own Design. International Journal of Mechanical Engineering and Robotics Research Vol. 9, No. 1,

Laksana Jaya Gede Putu I, Syaifudin Achmad, Sutantra Nyoman I (2017). Analisis Pengaruh Redesign Transmisi dan Final Drive Gear Terhadap Karakteristik Traksi Honda New Jazz RS 2010 Untuk Kejuaraan Dragrace. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 6, No. 1

Oglieve J Callum, Mohammadpour Mahdi and Rahnejat Homer (2017). Optimisation of the vehicle transmission and the gear-shifting strategy for the minimum fuel consumption and the minimum nitrogen oxide emissions. J Automobile Engineering 2017, V ol. 231(7) 883– 899.

Sinaga Nazaruddin, Rifal Mohamad (2017).

Pengaruh Komposisi Bahan Bakar Metanol- Bensin Terhadap Torsi Dan Daya Sebuah Mobil Penumpang Sistem Injeksi Elektronik 1200 CC. ROTASI – Vol. 19, No. 3.

Tirtana Wimala Belandy, Rhohman Fatkur, Ilham Muslimin M. (2018). Analisa Perbandingan Variasi Gear Pada Sepeda Motor GL 200 Terhadap Kecepatan. Seminar Nasional Inovasi Teknologi UN PGRI Kediri.

Wahyu Dian, Rosa Yazmendra (2021). Sebuah Solusi Pada Engine Berkompresi Rendah Agar Sesuai dengan BBM Non Subsidi. ROTASI, Vol. 23 No. 2 Hal. 1-9




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i2.5829

Article Metrics

Abstract - 619 PDF - 185

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i2.5829.g3463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riki Candra Putra, Rofiroh Rofiroh, Andri Suhendri

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License