ANALISIS PENGARUH EMISI GAS BUANG TERHADAP PEMAKAIAN TURBO CYCLONE PADA SEPEDA MOTOR MATIC 110CC BERBAHAN BAKAR PERTAMAX

Amir Amir, Bambang Suhardi Waluyo, Yusuf Kurnia Effendi

Abstract


Saat ini keadaan udara di bumi kita semakin hari semakin buruk akibat pencemaran udara. Pencemaran udara merubah susunan (komposisi) keadaan atmosfir, dimana satu atau lebih bahan-bahan polusi yang jumlah dan konsentrasinya dapat membahayakan kesehatan mahluk hidup, merusak properti, mengurangi kenyamanan di udara (Saeful dkk, 2016). Pencemaran udara didominasi oleh emisi gas buang kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor kini telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat. Laju pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor terus meningkat. Seiring meningkatnya pengguna kendaraan bermotor setiap tahunnya maka semakin meningkat pula kebutuhan BBM. Hal ini sangat mengkhawatirkan mengingat pasokan minyak di Indonesia semakin menipis.Pengujian hasil uji emisi gas buang menggunakan alat dan bahan seperti gas analyzer dan sepeda motor matic 110cc serta bahannya Turbo Cyclonedan bahan bakar pertamax. Pengambilan data uji emisi meliputi nilai kadar senyawa CO (karbon monoksida), CO2 (karbon dioksida), dan HC (hidrokarbon). Hasil penelitian meliputi kandungan emisi CO (karbon monoksida) tanpa menggunakan Turbo Cyclone mendapatkan nilai 0,51%, sedangkan setelah menggunakan Turbo Cyclone terdapat nilai 0,44%. Nilai kandungan emisi CO2(karbon dioksida) sebelum menggunakan Turbo Cyclone terdapat nilai 14,10 %, sedangkan ketika menggunakan Turbo Cyclone mendapatkan hasil yang sama yaitu 14,10%. Hasil dari kadar HC (hidrokarbon) sebelum dan sesudah menggunakan Turbo Cyclone mendapatkan hasil masing – masing yaitu 129 ppm dan 109 ppm.


Keywords


Emisi gas buang; Turbo Cyclone; Sepeda motor matic; Kandungan emisi

Full Text:

PDF

References


Dani. (2010). Cara kerja mesin 4 langkah. Motor Bensin, 6 - 16.

Devianti Muziansyah, R. S. (2015, Maret). Diambil kembali dari Model Emisi Gas Buang Kendaraan

Daihatsu. (2021, Mei). Tips Sahabat. Diambil kembali dari Mengenal Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Bermotor.

Eprints. (2010). Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Emisi Gas Buang, 1 - 5.

Rizal, S. (2013). Sistem Aliran Udara. Cara Kerja Sistem Induksi Udara, 32 - 40.

Rian. (2015). Perkembangan Sistem Bahan Bakar Injeksi. Prinsip Kerja EFI, 1.

Sandi. (2017, Maret). Teknik Otomotif. Diambil kembali dari Air Valve: https://www.teknik-otomotif.com/2017/03/air-valve.html

Sitompul, Y. H. (2018, Maret). Emisi Kendaraan Bermotor. Diambil kembali dari Uji Emisi Kendaraan Bermotor Dengan Variasi Jenis Knalpot Berbahan Bakar Pertamax.

Tegowiratn. (2012). Motor Bensin. Pengertian Motor Bensin, 1 - 16.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i2.6101

Article Metrics

Abstract - 523 PDF - 114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amir Amir, Yusuf Kurnia Effendi

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License