Desain Rancang Bangun Cooling Tower menggunakan Aplikasi Autocad Skala Laboratorium Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Tangerang

Ellysa Kusuma Laksanawati, Agus Sulaeman, Ali Rosydin

Abstract


Cooling tower merupakan suatu peralatan yang digunakan untuk menurunkan temperatur air dengan cara menguapkan panas air ke atmosfir.  Untuk mendapatkan desain dalam rancang bangun cooling tower skala laboratorium teknik mesin Universitas Muhammadiyah Tangerang, dilakukan studi literatur dan observasi, selanjutnya desain yang telah jadi, akan menjadi panduan operator dalam proses pengerjaan pada setiap bagian dari cooling tower sampai proses finishing.Berdasarkan hasil analisa desain rancang bangun cooling tower menggunakan aplikasi AutoCad skala laboratorium teknik mesin Universitas Muhammadiyah Tangerang, maka dapat diperoleh desain tabung cooling tower dan desain stand cooling tower. Berdasarkan dari hasil karya tulis ilmiah tentang “Desain rancang bangun Cooling Tower menggunakan aplikasi AutoCad skala laboratorium teknik mesin Universitas Muhammadiyah Tangerang” yang telah selesai, maka didapat beberapa kesimpulan, yang pertama adalah desain tabung cooling tower  dan yang kedua adalah desain stand cooling tower, dimana setiap komponen yang di desain memiliki ukuran – ukuran sebagai berikut: Tinggi keseluruhan tabung 97,5 cm, Tinggi water basin 14 cm, Diameter tabung 66 cm, Keliling tabung 210 cm dan Volume water basin 47 liter, ukuran desain stand cooling tower meliputi: Tinggi stand 81 cm, Panjang stand 100 cm dan Lebar stand 144 cm.


Keywords


Cooling Tower; Desain; AutoCad; Stand; Tabung; Fan

Full Text:

PDF

References


H. Dermawan HARSOKOESOEMO, 2004. Pengantar Perancang Teknik. Bandung. ITB.

Takeshi Sato G Dan Sugiarto H.N. Menggambar Mesin.

Mehta N K. Machine Tool Design.

Poli Corrado, 2001. Design For Manufacturing.

AutoCad, 2013. ATC_MPE,ITB.

EL – Wakil, 1992. Instalasi Pembangkit Daya, Jakarta: Erlangga.

Marley, cooling Tower Information Index (PDF)

Jaber H, Webb RL, 1989. Design Of Cooling Tower Towers By Effectiveness-NTU Method. ASME J Heat Transf. 43 pp.

Irsandi, 2013. Analisa Unjuk Kerja Cooling Tower Unit5 Di PLTP PT X. Teknik Mesin Fakultas Teknik Industri Universitas Jayabaya.

Fibreglass Cooling Tower Counterflow Induced Draf. LIANG CHI Industry Co.Lid Marketing Brosur. Pa Li Hsiang Taipe Hsien-Taiwan.

AHMAD NURJANA, 2012. Pengoperasian Cooling Tower untuk Penurunan Temperatur Media Pendingin Evaporator, Prosiding Hasil Penelitian dan Kegiatan PTLR, Tangerang.

Laboratorium Nasional Pacific Northwest, 2001. Dikutip dalam Peralatan Energi Listrik:Menara Pendingin Pedoman Efisiensi Energi untuk Industri di Asia www.energyefficiencyasia.org

MULYONO, 2013. Analisa Beban Kalor Menara Pendingin Basah InduceDraft Aliran Lawan Arah, Jurnal Rekayasa, diunduh Pebruari.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v6i1.6698

Article Metrics

Abstract - 476 PDF - 244

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v6i1.6698.g3459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ellysa Kusuma Laksanawati, Agus Sulaeman, Ali Rosydin

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License