Analisis Energi Panas Pada Tanki Air Pendingin Atap Berongga

Sudirman Lubis, Munawar A Siregar, Wawan S Damanik, Edi S Hasibuan, Faisal Lubis

Abstract


Tangki pendingin didefinisikan sebagai alat penukar kalor yang material fluida kerjanya adalah air, dan udara yang berfungsi mendinginkan air dengan kontak langsung dengan udara yang mengakibatkan sebagian kecil air menguap. Air ini yang nantinya mengalir didalam atap berongga yang diharapkan dapat menyerap panas saat melewati rongga. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai efektivitas dari laju perpindahan panas pada atap berongga, serta mengetahui jumlah energi pada tangki air pendingin atap berongga yang mampu dibuang setiap jam’nya dan mengetahui debit air yang diperlukan untuk mensuplai atap berongga. selama penelitian didapatkan hasil yang bervariasi dengan volume air yang masuk sekitar 0,00064 m³ pada setiap rongganya, dengan kapasitas pompa 5.5 LPM. Dari data pengujian yang diperoleh jika intensitas cahaya matahari rendah maka panas akan diserap kelingkungan dan sebaliknya jika intensitas cahaya matahari tinggi maka panas akan diserap oleh air. Itu sebabnya intensitas cahaya matahari sangat mempengaruhi proses pengambilan data. Dari hasil yang diperoleh dilapangan pada saat penelitian selama 7 hari didapatkan temperatur air rata-rata 28,4ºC. Hasil ini dapat dikategorikan aman sebab temperatur air tidak melebihi atau tidak jauh dari temperatur pada tangki air yang  bertemperatur rata-rata 40,5ºC

Keywords


Tanki pendingin, Nilai Efektivitas, Konduksi, Konveksi

Full Text:

PDF

References


Keyan ma, Ming Sengliu., ( 2021 ). Metode optimasi online sistem air pendingin berdasarkan model perpindahan panas untuk menara pendingin.

Khamis Mansour M, Hassab MA. Korelasi inovatif untuk menghitung termal kinerja menara pendingin basah counterflow. Energi 2014;74:855e62.

Asvapoositkul W, Treeutok S. Metode yang disederhanakan pada evaluasi kapasitas kinerja termal menara pendingin aliran balik. Appl Therm Eng 2012;38: 160e7.

Bornman W, Dirker J, Arndt DC, Meyer JP. Minimisasi energi operasional untuk draft paksa, menara pendingin udara curah kontak langsung melalui kombinasi pemodelan maju dan prinsip pertama, ditambah dengan platform pengoptimalan. Energi 2016;114:995e1006.

Wakil,EL.1992.(Judul Asli : Power Plant Technology/ Instalasi Pembangkit Daya). Jakarta:Erlangga.

Raden Suhardi, ( 2015 ).,Analisa Perhitungan Beban Cooling Tower Pada Fluida Di Mesin Injeksi Plastik.

Hensley, Jhon - C. 2009. (Cooling Tower Fundamentals, Seco Edition). Overland Park, Kansas, USA: SPX Cooling Technologies Inc.

Ramarao dan Shivaraman.2004.( Ministry of Power India. Cooling Tower In Energy Efficiency in Electricity Utilitas. Chapter 7, 135-151) India:Bureau Of Energy Efficiency.

Ramarao dan Shivaraman.2004.( Ministry of Power India. Cooling Tower In Energy Efficiency in Electricity Utilitas. Chapter 7, 135-151) India:Bureau Of Energy Efficiency.

Indra Mamad, ( 2011 ).,Studi Reduksi Beban Termal ke Dalam Ruangan Secara Konveksi dengan Sistem Underground Thermal Storage Sebagai Altenatif untuk Mendinginkan Ruangan Rumah Hunian.

Koestoer, R. A. (2002). Perpindahan Kalor untuk Mahasiswa Teknik. Salemba Teknika.

Lapisa, R. A. (2019). Passive Cooling Strategies in Roof Design to Improve the Residential Building Thermal Performance in Tropical Region. Asian Journal of Civil Engineering.

Muhammad Munthaha, G. R. (2020). Pengaruh Variasi Kecepatan Udara Terhadaplaju Perpindahan Panas Pada Pendinginan Panel Surya. Jurnal POROS TEKNIK, 29-34.

Nugroho, A. (2009). Laju Perpindahan Panas Pada Radiator Dengan Fluida Campuran 80% Air Dan 20% Radiator Coolant Pada Putaran Konstan. JURNAL TEKNIK-UNISFAT, 65-75.

Rilatupa, J. (2008). Aspek Kenyamanan Termal pada Pengkondisian Ruang Dalam. EMAS Jurnal Sain dan Teknologi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v6i2.7317

Article Metrics

Abstract - 274 PDF - 148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sudirman Lubis, Munawar A Siregar, Wawan S Damanik, Edi S Hasibuan, Faisal Lubis

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License