BESARAN PERBANDINGAN KONSUMSI OLI PADA MESIN PESAWAT AIRBUS A320 CITILINK TIPE NEO DAN CFM 56-5B

Riki Candra Putra, Apri Akbar

Abstract


Industri penerbangan merupakan aktivitas yang banyak diminati oleh banyak orang dalam melakukan perjalanan yang jauh dan efisien. Aktivitas penerbangan yang aman dan nyaman sangat dipengaruhi oleh kondisi pesawat terbang yang baik dan sistem pemeliharaan pesawat yang terkendali, pesawat tidak mungkin akan diberikan ijin untuk terbang apabila ditemukan kondisi mesin yang tidak baik ataupun kondisi pelumasan yang tidak terkontrol jika dilihat dari riwayat perawatan pengisian oli dan pengurasannya. Pemeriksaan oli pada pesawat A320 tipe NEO dan CFM 56-5B merupakan kedua jenis pesawat yang sering dipakai bergantian oleh maskapai CITILINK, sehingga perlu dilakukan pencatatan yang detail mengenai kondisi pengisian dan jadwal rutin penggantian, pemeriksaan dan analisa secara detail dilakukan pada dua buah mesin yang berada di sayap sisi kiri dan kanan untuk melihat perbandingan tingkat efisiensi kedua mesin dan dari hasil pengamatan didapat mesin CFM 56-5B lebih boros dalam penggunaan oli yaitu 17.1 liter lebih banyak dibandingkan tipe NEO dalam penggunaan satu bulan karena memiliki nilai engine gas temperature CFM 56-5B lebih tinggi.


Keywords


Penerbangan; oli; pesawat A320; pemeliharaan; mesin pesawat

Full Text:

PDF

References


Abas Khudair Yousef (2021). The Aircraft Oil System is Being Developed. Journal of Mechanical Engineering Research and Developments, Vol. 44, No. 9, pp. 73-78.

Grassart Pierre (2015). Monitoring of the lubrication system of an aircraft engine through a Prognostic and Health Monitoring approach. Master of Science Thesis, KTH School of Industrial Engineering and Management. Energy Technology EGI-2015-097MSC EKV1119

Irmawan Erwhin & Ilham Putra Faturrachman (2016). Lubrication System Pada Auxiliary Power Unit (APU) GTC P85-129 PESAWAT BOEING 737-300/400/500. Jurnal Teknika STTKD Vol.3, No. 1

Rao Aruna (2017). Cooling of Lubrication System in Aircraft Engines Using Peltier’s Principle. International Journal of Research, volume 4, issue 05.

Saputra Dwi Abadi, Sigit Priyanto, dan Imam Muthohar (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pilot Dan Kecelakaan Pesawat Terbang Dengan Pendekatan Partial Least Square (PLS). Warta Penelitian Perhubungan, Volume 28, Nomor 2

Stachowiak, G.W. and A.W. Batchelor. (2000), Engineering Tribology 2nd Ed., Butterworth-Heinemann.

Widianto Yuli Eko, Bona P. Fitrikananda (2015). Analisis Terjadina High Oil Consumption Pada Lubrication System Pesawat Boeing 737-500 PK-GGF. INDEPT, Vol. 5, No. 3




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v6i2.7772

Article Metrics

Abstract - 157 PDF - 130

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v6i2.7772.g4043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riki Candra Putra, Apri Akbar

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License