Perancangan Prototipe Kapal Latih Dengan Sistem Penggerak Tenaga Surya Menggunakan Software Solidworks
Abstract
Energi terbarukan pada bidang maritim sangatlah diperlukan, hal ini dilakukan untuk peningkatan efisiensi, khususnya penggunaan tenaga surya merubah energi listrik sebagai sistem penggerak pada kapal latih. Saat ini kapal latih masih banyak menggunakan bahan bakar minyak bumi, tentunya berakibat menipisnya cadangan minyak bumi. Untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi dampak lingkungan, penggunaan sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya, menjadi sangat penting. Pemanfaatan tenaga surya dalam penggerak kapal adalah langkah menuju sistem transportasi yang lebih berkelanjutan. Tenaga surya dapat mengurangi biaya bahan bakar dan pemeliharaan. Kapal latih dengan tenaga surya dapat digunakan untuk tujuan pelatihan dan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil serta efisiensi energi dengan penggunaan surya cell sebagai sistem pengerak pada kapal latih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dengan melakukan pengamatan secara langsung kapal latih. Serta studi literatur sebagai referensi dalam menganalisa perhitungan dan desain kapal latih dengan menggunakan software Solidworks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah surya cell 18 panel, tiap panel menghasilkan daya 114 WP, dan daya yang dihasilkan oleh surya cell adalah 2592 W.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Zamista, A. (2017). Perancangan Solar Cell untuk Kebutuhan Energi Listrik pada Kapal Nelayan. Jurnal Unitek, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.52072/unitek.v10i1.66
Alfonsín, V., Suarez, A., Cancela, A., Sanchez, A., & Maceiras, R. (2014). Modelization of hybrid systems with hydrogen and renewable energy oriented to electric propulsion in sailboats. International Journal of Hydrogen Energy, 39(22), 11763–11773. https://doi.org/10.1016/j.ijhydene.2014.05.104
Alujević, N., Ćatipović, I., Malenica, Senjanović, I., & Vladimir, N. (2019). Ship roll control and power absorption using a U-tube anti-roll tank. Ocean Engineering, 172(September 2018), 857–870. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2018.12.007
Hadžić, N., Kozmar, H., & Tomić, M. (2018). Feasibility of investment in renewable energy systems for shipyards. Brodogradnja, 69(2), 1–16. https://doi.org/10.21278/brod69201
Hank, C., Sternberg, A., Köppel, N., Holst, M., Smolinka, T., Schaadt, A., … Henning, H. M. (2020). Energy efficiency and economic assessment of imported energy carriers based on renewable electricity. Sustainable Energy and Fuels, 4(5), 2256–2273. https://doi.org/10.1039/d0se00067a
Inal, O. B., & Deniz, C. (2020). Assessment of fuel cell types for ships: Based on multi-criteria decision analysis. Journal of Cleaner Production, 265, 121734. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.121734
Ionescu, R. D., Szava, I., Vlase, S., Ivanoiu, M., & Munteanu, R. (2015). Innovative Solutions for Portable Wind Turbines, Used on Ships. Procedia Technology, 19, 722–729. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2015.02.102
Karatuğ, Ç., & Durmuşoğlu, Y. (2020). Design of a solar photovoltaic system for a Ro-Ro ship and estimation of performance analysis: A case study. Solar Energy, 207(July), 1259–1268. https://doi.org/10.1016/j.solener.2020.07.037
Perindustrian Kementerian Republik Indonesia. (2007). Kemampuan Industri Perkapalan Nasional Dalam Menghadapi Persaingan Global. Diambil dari https://kemenperin.go.id/artikel/476/Kemampuan-Industri-Perkapalan-Nasional-Dalam-Menghadapi-Persaingan-Global
Prasetyo, T., Ma’ruf, B., & Sulisetyono, A. (2016). Analisis Pengembangan Industri Komponen Kapal Dalam Negeri (Taufan Prasetyo, Buana Ma’ruf, Aries Sulisetyono). 39–46.
Sardi, J., Pulungan, A. B., Risfendra, R., & Habibullah, H. (2020). Teknologi Panel Surya Sebagai Pembangkit Listrik Untuk Sistem Penerangan Pada Kapal Nelayan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), 21–26. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i1.794
Tang, R. (2017). Large-scale photovoltaic system on green ship and its MPPT controlling. Solar Energy, 157(August), 614–628. https://doi.org/10.1016/j.solener.2017.08.058
UU RI No. 17. (2008). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran (hal. 1–205). hal. 1–205.
Wang, H., Oguz, E., Jeong, B., & Zhou, P. (2019). Life cycle and economic assessment of a solar panel array applied to a short route ferry. Journal of Cleaner Production, 219, 471–484. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.02.124
Zakiah, D., & Selasdini, V. (2023). Solar and Wind Energy for Ship Power System, Current Status and Future Prospect. Jurnal Maritim Malahayati (JuMMa), 4(1), 7–15. Diambil dari https://www.eco-business.com/news/bali-
Zereshkian, S., & Mansoury, D. (2021). A study on the feasibility of using solar radiation energy and ocean thermal energy conversion to supply electricity for offshore oil and gas fields in the Caspian Sea. Renewable Energy, 163, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.renene.2020.08.111
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v7i2.9984
Article Metrics
Abstract - 300 PDF - 540Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mujiono Mujiono, Riyanto Riyanto, Alvian Demaz Peramutya, Yafid Effendi, Ali Rosyidin
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License