PISA-BASED PROBLEM-SOLVING ABILITY OF QUANTITY CONTENT BASED ON SOLO TAXONOMY IN TERMS OF NUMERACY ABILITY

Elza Ifani Saputri, Nining Setyaningsih

Abstract


Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan memecahkan masalah karena kemampuan tersebut dapat berguna dalam berbagai bidang studi dan kehidupan nyata. Kemampuan tersebut memiliki hubungan yang erat dengan kemampuan numerasi siswa. Dalam mengukur kualitas respons siswa saat menyelesaikan soal matematika seperti konten kuantitas PISA, taksonomi Structure of the Observed Learning Outcome (SOLO) dapat digunakan sebagai alat evaluasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan pemecahan masalah berbasis PISA pada konten kuantitas berdasarkan taksonomi SOLO ditinjau dari kemampuan numerasi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025, dengan subjek siswa kelas IX. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara dengan menggunakan instrumen berupa tes numerasi, tes pemecahan masalah PISA pada konten kuantitas, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah berbasis PISA siswa dengan kemampuan numerasi tinggi mencapai level unistruktural. Siswa dengan kemampuan numerasi sedang mencapai level multistruktural, dan siswa dengan kemampuan numerasi tinggi mencapai level relasional dalam taksonomi SOLO.


Keywords


numeracy ability; PISA; problem-solving ability; SOLO taxonomy

Full Text:

PDF

References


Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. 3(1), 1–10. Retrieved from https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Aulia, L. I., & Murtiyasa, B. (2023). Analisis profil metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematis ditinjau dari gender pada pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1545–1557. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2302

Authary, N., & Nazariah. (2019). Penalaran Aljabar: Suatu Pelevelan Berbasis Taksonomi Solo Pada Pemecahan Masalah Persamaan Linier Dua Variabel. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 1–13. Retrieved from https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/1280

Azmia, S., & Soro, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo pada Siswa. 05(02), 2001–2009. Retrieved from https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.681

Dardianto Arico, V., & Wahyudi. (2021). PELEVELAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 418–423. Retrieved from https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1747

Faisal, & Maryulianty, L. (2019). Analisis tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan taksonomi solo. In Jurnal Numeracy (Vol. 6). Retrieved from https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i1.444

Febiyanti, A., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bangun Datar dengan Taksonomi SOLO (Structure Of Observed Learning Outcome) di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 116–126. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26374

Febrianti, P., & Nurjanah, N. (2022). Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pisa 2021. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 13–24. Retrieved from https://doi.org/10.36526/tr.v6i1.1664

Febriyani, A. A., & Setyaningsih, N. (2024). Exploring Numerical Competence: Analysis Of Students’ Mathematical Representation Skills in PISA Space and Shape Content. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 257–272. https://doi.org/10.31943/mathline.v9i1.590

Hetty Marhaeni, N. (2021). Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(2), 85–96. https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7607

Maulidia, W., Setiani, A., Siti Balkist, P., & Sukabumi, U. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Al-Isma’iliyah Berdasarkan Level Taksonomi Solo. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1).

Mega, A. P., Tayeb, T., Anggriani, A. D., Syam, L. K., & Rustiani. (2023). View of Analysis of Student Errors in Solving Problems on Geometry Material Based on SOLO Taxonomy Class VII MTs Muhammadiyah Tanetea. Retrieved August 9, 2024, from Alauddin Journal of Mathematics Education website: https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme/article/view/37595/17302

Meilia Asmara, P., & Puspaningtyas, N. D. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gender

. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 7–19. Retrieved from https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2417

Murtiyasa, B. (2015). Tantangan pembelajaran matematika era global. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS.

Novitasari, N., & Wilujeng, H. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 10 TANGERANG. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137–147. Retrieved from https://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/461

OECD. (2018). PISA 2015 Result in Focus. New York.

Pereira, J., Aulingga, A., Ning, Y., & Vilela, A. (2022). KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Maret, 5(2), 317–326. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.317-326

Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Berorientasi High Order Thinking Skills. Retrieved August 9, 2024, from Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya website: https://proceedings.ums.ac.id/index.php/knpmp/article/view/1902/1857

Setyaningsih, N., Juniati, D., & Suwarsono. (2018). Student’s scheme in solving mathematics problems. Journal of Physics: Conference Series, 974(1), 012012. https://doi.org/10.1088/1742-6596/974/1/012012

Silwana, A., Subanji, S., Manyunu, M., & Rashahan, A. A. (2021). Students’ Responses Leveling in Solving Mathematical Problem Based on SOLO Taxonomy Viewed from Multiple Intelligences. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 1–16. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10528

Suminar, R. K., & Rahman, I. N. (2022). MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY TO DEVELOP NUMERICAL LITERACY IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 120–131. Retrieved from http://dx.doi.org/10.31000/prima.v6i2.6142

Tresnasih, I., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2022). Analisis numerasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM. PRISMA, 11(2), 478. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2454

Triningsih, W., Utami, T. R., Murtiyasa, B., & Setyaningsih, N. (2024). Pemanfaatan Fitur Asesmen Murid dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Pembelajaran Statistika di Sekolah Dasar. Retrieved August 14, 2024, from Jurnal BASICEDU website: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/6960/3170

Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal hots. In Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education (Vol. 5). Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.orgISSN2407-8530

Umardiyah, F., & Nasrulloh, M. F. (2021). PEMBERIAN SCAFFOLDING BERDASAR PELEVELAN TAKSONOMI SOLO SISWA KATEGORI UNISTRUCTURAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL JARAK DIMENSI TIGA. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 38. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.9255

Wea, F. F., & Saputro, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Taksonomi Solo. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 49–58. Retrieved from https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/15825

Wulansari, R., Putri, A. A. R., & Nopitasari, D. (2020). PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 125. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.125-132

Zahro, N., & Haerudin. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal pisa. Didactical Mathematics, 4, 148–155. Retrieved from https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2073




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v8i3.12208

Article Metrics

Abstract - 223 PDF - 104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats