DEVELOPMENT OF PBL-BASED FLIPBOOK TEACHING MATERIALS WITH SOUTHEAST ACEH CULTURAL NUANCES TO IMPROVE PROBLEM SOLVING AND CRITICAL THINKING SKILLS OF SMPN 4 LAWE SIGALA-GALA STUDENTS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui bahan ajar flipbook berbasis PBL bernuansa budaya Aceh Tenggara yang dikembangkan; 2) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui bahan ajar yang serupa; 3) Mengetahui keandalan, kegunaan, dan efektivitas bahan ajar flipbook berbasis PBL bernuansa budaya yang diciptakan untuk membantu mahasiswa menjadi lebih terampil dalam memecahkan masalah dan berpikir kritis; Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggabungkan pembelajaran berbasis PBL dengan paradigma pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Peningkatan keterampilan pemecahan masalah melalui bahan ajar flipbook berbasis PBL bernuansa budaya Aceh Tenggara, yang dibuktikan dengan nilai N-gain uji coba lapangan sebesar 0,70 yang termasuk dalam kategori "sedang"; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui bahan ajar flipbook berbasis PBL bernuansa budaya Aceh Tenggara, dibuktikan dengan nilai N-gain dari uji coba lapangan sebesar 0,67 yang termasuk dalam kategori "sedang"; dan 3) bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa telah berhasil dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep matematika dan motivasi belajar, serta telah memenuhi persyaratan valid, bermanfaat, dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Colliver, J.A. 2000. Effectiveness Of Problem-Based Learning Curricular ResearchAnd Theory. Academic Medicine, Vol 7 (5);259–266.Ernest R. Hilgard . l984. Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
D'Ambrosio, U. 1985. Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics: Vol. 5 No. 1.
Dayu, D.P.K., Anggrasari, L.A. Flipbook Story to Increase Reading Skills For Beginners. Prosiding Seminar Internasional Bahasa dan Sastra Daerah I,
European regions using free word association. Food Quality and Preference,21(2), 225–233.
Ennis, R. H. (2011), The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispostions and Abilities, Universitas of lllinois.
Faiser Alec, (2008), Berpikir Kritis, Jakarta: Erlangga.
Fasha, dkk, (2018), “Peningkatan Kemampuan Pemecahan masalah Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metakognitif,” Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 5, No. 2.
Fauziah, Anna, (2010), Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Strategi REACT, Forum Kependidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang.
Fatade, Alfred Olufemi. 2013. Effect Of PBL. On Senior Second Students’Achivement I Futher Mathematics. Acta Didactica Napocensia. 6 (3); 28-44
Greer, B., Mukhopadhyay, S., Powell, A.B., Barber, S.N. 2009. Culturally Responsive Mathematics Education. UK: Taylor & Francis e-Library.
Guerrero, L., Claret, A., Verbeke, W., Enderli, G., Zakowska-Biesmans, S., Vanhonacker, F., Issanchou, S., Sajdakowska, M., Granli, B. S., Scalvedi, L.,Contel, M., & Hersleth, M. (2010). Perception of traditional food products in six
Hartono Yusuf, (2014), Matematika Strategi Pemecahan Masalah, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hasanah & Surya, (2017), Differences in the Abilities of Creative Thinking and Problem Solving of Students in Mathematics by Using Cooperative Learning and Learning of Problem Solving, International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), Vol. 34. No. 1, pp 286-229
Hendriana Heris dan Soemarno, (2016), Penilaian Pembelajaran Matematika, Bandung: PT Refika Aditama.
James, A.T., Akaazua., Tertsea, J. 2021. The Effect of Ethnomathematics on Junior Secondary School Students’ Achievement and Retention in Geometry in Benue State, Nigeria: A Corona Virus Pandemic Case Study. IJRIAS: Vol. VI Issue IV.
Karim & Normaya, (2015), Kemampuan berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Pendidikan Matematika, No.3.
Kemenparekraf. (2022). Produk Wisata Alame/dodol
Khotimah, H. 2021. Penggunaan Bahan Ajar Komik digital: Pembelajaran Mandiri dalam Jaringan untuk Anak Sekolah Dasar. Malang: Literasi Nusantara.
Maghfirothi, N.L., Mitarlis, Widodo, W. 2013. Pengembangan Flip Book IPA Terpadu Bilingual Dengan Tema Minuman Berkarbonasi Untuk Kelas VIII SMP. e-Pensa: Vol. 1 No.3.
Manivannan, S., & Balasubramanian, S. 2010. Animation in J2EE Project-An Overview. IJGM: Vol. 1 No.1.
Matondang, I. A. (2013). Udan Potir: Simbolik Ekologis Gordang Sambilan Dan Lingkungan Alam. Lakon : Jurnal Kajian Sastra Dan Budaya, 1(2), 34–48.
Nasruddin, Sari, D.M.M., Makruf, S.A., Darmawan, I.P.A., Herman, Jumiyati, S., … Purwanto, H. 2022. Pengembangan Bahan Ajar. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Nasryah, C.E., & Rahman, A.A. 2020. Ethnomathematics (Matematika dalam Perspektif Budaya). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Nasution, M.S.A., Daulay, M.N.H., Susanti, N., Syam, S. 2015. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Rajawali Press.
Noor, J. 2016. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.
Pais, A. 2010. Criticisms and Contradictions of Ethnomathematics. New York: Springer.
Purbaningrum, M., Cahyani, C.M., Bilad, D.I., Wulandari, E.A., Dewi, D.L., Afifah, N., … Kusuma, R.A. 2021. Etnomatematika Beberapa Sistem Budaya di Indonesia. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Purwaning Tyas, A. S. (2017). Identifikasi Kuliner Lokal Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(2), 1–14.
Putri, L.I., Sulistyowati, E., Wijayama, B. 2022. Etnomatematika Dan Pedagogi Guru SD/MI. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Rosa, M., D’Ambrosio, U., Orey, D.C., Shirley, L., Alangui, W.F., Palhares, P., Gavarrete, M.E. 2016. Current and Future Perpectives of Ethnomathematics as a Program. Switzerland: Springer Open.
Rosa, M., Oliveira, C.C. 2020. Ethnomathematics in Action Mathematical Practices in Brazilian Indigenous, Urban and Afro Communities 1st ed. Switzerland: Springer Nature.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Safrina & Saminan. 2015. Pengaruh Pembelajaran Model Problem Based Menunjukkan bahwa penerapan model PBL mempengaruhi pemahaman konsep menjadi lebih baik. Tersedia dalam Jurnal JIP- International Multidisciplinary Jaurnal,Vol 3 (2);1-12
Sungur.Semra & Tekkaya, Cereren. 2006. Effects of Problem- Based Learning And Traditional Instruction On Self- Regulated Learning . The Journal of Education Reserch. Vol 99 (5);307-320
Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung
Supinah. 2010. Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika di SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta. Jurnal Pendidikan. Vol 11 (2); 6-8
Suparmi 2015. Penggunaan bahan ajar berbasis PBL di dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Jurnal Penelitian. 1 (1); 1 – 16.
Scristia, Meryansumayeka, Safitri, E., Araiku, J., Aisyah, S. 2022. Development of Teaching Materials Based on Two-Column Proof Strategy on Congruent Triangle Materials. Atlantis Press: Vol. 656.
Sekretariat Negara RI, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sudarma, I.K., Prabawa, D.G.A.P., Suartama, I.K. 2022. The Application of Information Processing Theory to Design Digital Content in Learning Message Design Course. International Journal of Information and Education Technology: Vol. 12 No. 10.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Suharta, I.G.P., Parwati, N.N., Pujawan, I.G.N. 2021. Integration of Ethnomathematics in Learning Geometry Transformation. Atlantis Press: Vol. 566.
Susilawati, S.A., Musiyam, M., Wardana, Z.A. 2021. Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Syafriafdi, N., Fauzan. A., Arnawa, I.M., Anwar, S., Widada., W. 2019. The Tools of Mathematics Learning Based on Realistic Mathematics Education Approach in Elementary School to Improve Math Abilities. Universal Journal of Educational Research: Vol. 7 No. 7.
Tarmidzi, Irmawan, W., Nisniani. 2014. Pembelajaran Matematika Dengan Berpikir Dan Berdiskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Delta: Vol. 2 No.1.
Tilman, Daniel.2013. Implication Of Problem Based Learning (PBL) In Elementary School Upon The K- 12 Engineering Education Pipeline American Society For Engineering Education.Vol 23 (2); 32-43.
Tjahyadi, I., Wafa, H., Zamroni, M. 2019. Kajian Budaya Lokal. Lamongan: Pagan Press.
Zaenuri, Dwidayati, N., Suyitno. A. 2018. Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika (Studi Kasus Pembelajaran Matematika di China). Semarang: UNNES Press.
Zaenuri, Muhtadi, D., Hidayah, N., Utami, R., Dianita, N.K., Hamidah, … Kusuma, J.W. 2021. Etnomatematika Nusantara. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v9i1.12711
Article Metrics
Abstract - 79 PDF - 0Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.