ANALISIS KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS PADA MATAKULIAH ANALISIS REAL BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pembuktian matematis pada matakuliah analisis real berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 orang yang terdiri dari Quitter, Camper, dan Climber. Analisis data kualitatif terdiri dari (a) mengolah dan mempersiapkan data, (b) membaca keseluruhan data, (c) mengkoding data, serta (d) menarasikan deskripsi data yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% mahasiswa yang telah mengikuti matakuliah analisis real berada pada level Camper berdasarkan AQ. Mahasiswa Camper lebih mampu menyusun pembuktian langsung dibandingkan mahasiswa Quitter dan Climber. Mahasiswa pada ketiga level AQ belum mampu menyebutkan definisi bilangan rasional dengan benar dan lengkap. Masih terdapat mahasiswa yang menggunakan pengambilan contoh untuk pembuktian langsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bell, A. (1976). A Study Of Pupils’ Proof-Explanations In Mathematical Situation. Educational Studies in Mathematics, 7, 23-40.
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Third Edition. USA: Sage Publication.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Matematics. Reston, Virginia.
Perbowo, Krisna S. (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Riil Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika KALAMATIKA Vol. 2 No. 1 April 2017 hal 81-90
Stoltz, PG. (2007). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (Terjemahan: T. Hermaya). Jakarta: Grasindo.
Stylianides, A. J. (2007). Proof And Proving In School Mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 38(3), 289-321.
Tall, D. (1989). The Nature Of Mathematical Proof. Mathematics Teaching,127, 28-32.
Sadikin, A. (2009). Pengantar logika matematika dan himpunan. Pontianak: STAIN Pontianak Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v3i2.1385
Article Metrics
Abstract - 1636 PDF - 1638Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.