ANALISIS KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS PADA MATAKULIAH ANALISIS REAL BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT

Era Dewi Kartika, Nok Izatul Yazidah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pembuktian matematis pada matakuliah analisis real berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 orang yang terdiri dari Quitter, Camper, dan Climber. Analisis data kualitatif terdiri dari (a) mengolah dan mempersiapkan data, (b) membaca keseluruhan data, (c) mengkoding data, serta (d) menarasikan deskripsi data yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% mahasiswa yang telah mengikuti matakuliah analisis real berada pada level Camper berdasarkan AQ. Mahasiswa Camper lebih mampu menyusun pembuktian langsung dibandingkan mahasiswa Quitter dan Climber. Mahasiswa pada ketiga level AQ belum mampu menyebutkan definisi bilangan rasional dengan benar dan lengkap. Masih terdapat mahasiswa yang menggunakan pengambilan contoh untuk pembuktian langsung.


Keywords


kemampuan pembuktian matematis; analisis real; adversity quotient

Full Text:

PDF

References


Bell, A. (1976). A Study Of Pupils’ Proof-Explanations In Mathematical Situation. Educational Studies in Mathematics, 7, 23-40.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Third Edition. USA: Sage Publication.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Matematics. Reston, Virginia.

Perbowo, Krisna S. (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Riil Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika KALAMATIKA Vol. 2 No. 1 April 2017 hal 81-90

Stoltz, PG. (2007). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (Terjemahan: T. Hermaya). Jakarta: Grasindo.

Stylianides, A. J. (2007). Proof And Proving In School Mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 38(3), 289-321.

Tall, D. (1989). The Nature Of Mathematical Proof. Mathematics Teaching,127, 28-32.

Sadikin, A. (2009). Pengantar logika matematika dan himpunan. Pontianak: STAIN Pontianak Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v3i2.1385

Article Metrics

Abstract - 1217 PDF - 1311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats