ETHNOMATEMATICS EXPLORATION AT SIPAMUTUNG TEMPLE PADANG LAWAS REGENCY IN THE CONCEPT OF BUILDING SPACE
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirah, A., & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika : Konsep Matematika pada Budaya Sidoarjo. MATHEdunesa, 11(1), 311–319. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p311-319
Arif, S., & Nim, A. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada bangunan masjid agung brebes untuk meningkatkan literasi matematika. 106.
Arifin, F. (2015). Representasi Simbol Candi Hindu Dalam Kehidupan Manusia: Kajian Linguistik Antropologis. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 12–20.
Aulia, L., & Afri, L. D. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Tedhak Siten Adat Jawa. Euclid, 10(3), 512–526. https://doi.org/10.33603/e.v10i3.8642
Basmara, A., & Yahfizham. (2024). Eksplorasi Etnomatematik Pada Kain Ragidup Ulos Pada Konsep Bangunan Datar. Euclid, 11(3), 152–161. https://doi.org/10.33603/e.v11i3.8991
Daulay, M. P., & Maulidiah, S. (2024). Pengelolaan Objek Wisata Candi Sipamutung Oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara. 8(November), 1631–1636.
Deby, Y. S., & Yahfizham, Y. (2023). Ethnomathematics-Based Mathematics Learning Activities in Labuhan Batu Pesisir Beach Malay Communities. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 580–589. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2085
Harahap, S. A., & Rakhmawati, F. (2022). Etnomatematika dalam Proses Pembuatan Tempe. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1291–1300. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1354
Jayanti, T. D., & Puspasari, R. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 6(2), 53. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1748
Kambani, D. P. (2025). Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Melalui Permainan Dakon Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Perkalian Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 09(38), 249–261.
Kristial, D., Soebagjoyo, J., & Ipaenin, H. (2021). Analisis biblometrik dari istilah “Etnomatematika.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 178–190. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.62
Mayanti, V. (2021). Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara dalam Publikasi Wisata Candi Bahal.
Safitri, A. W. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Lokal Indonesia Pada Rumah Adat Joglo Di Desa Dasri Kabupaten Banyuwangi. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 169–183. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i2.11769
Sari, R. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Dengan Konteks Rumah Adat Lubuklinggau. 1.
Sinaga, Q. A., & Yahfizham. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Makam Papan Tinggi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1867–1876. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2245
Siparau, D. (2025). Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan. 13(1), 21–35.
Siregar, S., & Yahfizham, Y. (2023). Etnomatematika pada Transaksi Jual Beli Masyarakat Pesisir di Sibolga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1877–1889. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2251
Sulaiman, H., & Nasir, F. (2020). Ethnomathematics: Mathematical Aspects of Panjalin Traditional House and Its Relation to Learning in Schools. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247–260. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.7081
Suriani, T. P., Siregar, B., & Isrina. (2024). IMPLEMENTASI APLIKASI RUANG GURU DI SMA ISLAM AL- FALAH KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2023-2024. 3(3), 76–85. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i3.29108
Tindaon, T. M., Nadeak, S. L., Sarma, L., & Pakpahan, U. (2025). Pengaruh Pengimplementasian Etnomatematika Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. 2, 1–8.
Yusnizar, Y., & Yahfizham, Y. (2024). Ethnomathematics Identification in West Sumatra Rantak Dance Performances. Unnes Journal of Mathematics Education, 13(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/5j8zky90
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v9i3.14578
Article Metrics
Abstract - 149 PDF - 36Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.