PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES BERBASIS MOBILE ONLINE PADA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memberikan inovasi evaluasi hasil tes yang bebas kertas, yaitu dengan evaluasi berbasis mobile online yang menggunakan Google Form. Evaluasi berbasis mobile online merupakan evaluasi yang menggunakan perangkat elektronik mobile(ponsel). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap disseminate tidak dilaksanakan dalam penelitian karena produk hanya terbatas penggunaannya pada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Malang pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi ahli, soal tes dan angket respon mahasiswa. Instrumen penilaian tes berbasis mobile online berbantuan Google Form yang dikembangkan memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penilaian aspek kevalidan berdasarkan lembar validasi ahli media berada pada kriteria valid rata-rata 3,66. Penilaian aspek kepraktisan berdasarkan angket respon user (mahasiswa) berada pada kriteria baik dengan rata-rata 3,02. Penilaian asspek keefektifan berdasarkan hasil tes mahasiswa berada pada kriteria baik dengan rata-rata 80,67. Jadi instrumen penilaian tes mobile online berbantuan Google Form yang dikembangkan layak digunakan untuk evaluasi pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad AlBanjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39–50. Retrieved from http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/91
Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester I. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2671
Darmawan, D., & Siti, H. D. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Mooddle dan Facebook pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Teknodik, 18(3), 227–240. Retrieved from http://118.98.227.127/index.php/jurnalteknodik/article/view/129
Luecht, R. M., & Sireci, S. G. (2011). A Review of Models for Computer-Based Testing. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED562580
Majid, A. (2012). Mobile Learning. Bandung. Retrieved from https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwik3fTNya3nAhUSfisKHcHLCmEQFjABegQIBRAB&url=http%3A%2F%2Fjurnal.upi.edu%2Ffile%2FMobile_Learning_ok.pdf&usg=AOvVaw0gfOoQoxiKkeSU739sgzWJ
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operassionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tamimudin, M. (2007). Mengenal Mobile Learning (M-Learning). Limas 8.
Tasri, L. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. Jurnal Medtek, 3(2).
Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED090725
Wragg, E. C. (1994). Classroom Teaching Skills. Nicholas Publishing Company.
Zamzania, A. W. H., & Aristia, R. (2018). Jenis-jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Sidoarjo. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/4050/
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i1.1891
Article Metrics
Abstract - 6077 PDF - 6646Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.