PERAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN BELIEF MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Pada dasarnya mahasiswa memliki rasa penasaran, khususnya terhadap materi yang sedang ditekuninya. Gairah tersebut dapat terlihat dari sikap belief mereka dan melakukannya dengan cara yang tepat. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 tahun 2016-2017 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan awal dan belief mahasiswa terhadap hasil belajar. Metode penelitian adalah metode survey dengan instrumennya berupa angket. Data dianalisis dengan analisis regresi menggunakan software SPSS Statistic 21. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan di antaranya: 1) kemampuan awal memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang tidak signifikan, 2) belief pada memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang signifikan, 3) kemampuan awal dan belief memberikan pengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Berdasarkan kemampuan awal matematika yang tidak signifikan, dosen diharapkan memberikan motivasi dan kuliah martikulasi kepada mahasiswa untuk lebih giat belajar dan percaya diri agar hasil belajar meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Awal; Belief; Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Blankenstain, dkk. (2013). Relevant Prior Knowledge Moderates the Effect of Elaboration During Small Group Discussion on Academic Achievement. Springer. Instr Sci 41: 729-744. DOI 10.1007/s1 1251-012-9252-3.
Caillies, S & Denhiere, G. (2002). The Effect of Prior Knowledge on Understanding From Text: Evidence from Primed Recognition. European Journal of Cognitive Psychology. 14 (2), 267-286.
Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dundar, S. & Cakiroglu, M. (2014). Why Shuold the Mathematics History be Used in Mathematics Education?. Egitimde Kuram ve Uygulama. Journal of Theory and Practice in Education. ISSN: 1304-9496. 10 (2): 522-534.
Eynde, Peter O. dkk. (2002). Framing Students’ Mathematics Related Beliefs. Mathematics Education Library: 13- 37.
Goldin, Gerald A. (2002). Affect, Meta Affect, and Mathematical Belief Structures. Mathematics Education Library: 59- 72.
Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kendeou, P & Broek, P. (2007). The Effect of Prior Knowledge and Text Structure on Comprehension Processes During Reading of Scientific Texts. Memory & Cognition Psychonomic Society, Inc. 35 (7), 1567-1577.
Kloosterman, Peter. (2002). Belief about Mathematics and Mathematics Learning in the Secondary School: Measurement and Implication for Motivation. Mathematics Education Library: 247-269.
Leder, Gilah C., Erkki Pehkonen & Gunte Torner. (2002). Setting the Scene. Mathematics Education Library: 1- 10.
Leder, Gilah C., Helen Forgasz. (2002). Measuring Mathematical Belief and Their Impact on the Learning of Mathematics: A New Approach.”Mathematics Education Library: 96- 113.
McDonough, Andrea, Peter Sullivan. (2014). Seeking insights into young children's beliefs about mathematics and learning. Educational Studies in Mathematics, Vol. 87: 279-296.
McLeod, Douglas B, Susan H. McLeod. (2002). Synthesis Belief and Mathematics Education: Implication for Learning, Teaching, and Research. Mathematics Education Library: 115-123.
Nurdin, M. (1998). Pedoman Guru Matematika 2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Reigeluth, C. M. (1983). Meaningfulness and Instruction: Relating What Is Being Learned To What A Studentt Knows. Instructional Science 12, 197-218. Elsevier Science Publisher B.V., Amsterdam – Printed in The Netherlands.
Singarimbun, M., Effendi, S, (1989). Metode Penelitian Survey, PT. Pustaka LP3ES Indonesia, Jakarta.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Sukardjono. (2000). Filsafat dan Sejarah Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet, 1.
Thompson, R. A. & Zamboanga, B. L. (2004). “Academic Aptitude and Prior Knowledge as Predictors of Student Achievement in Introduction to Psychology.” Journal of Educational Psychology. Vol. 96, No. 4, 778-784. American Psychologyca Association. DOI: 10. 1037/0022-0663.96.4.778.
Wahidmurni, dkk. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Nuhu Litera.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.255
Article Metrics
Abstract - 3356 PDF - 3598Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.