DEVELOPMENT OF E-LEARNING TEACHING MATERIALS ON MATRICES BASED ON COGNITIVE LOAD THEORY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afidah, V. N. (2015). Prinsip- Prinsip Teori Beban Kognitif Dalam Merancang Media Pembelajaran Matematika. JP2M. Vol 1(1), 72–79.
Agustina., Isnaini, M., dan Nery, R.S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Edmodo Pada Materi Fungsi. JPM RAFA. Vol. 2(1), 123–141.
Arifin, F., dan Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 12(2). 1–12
Fuadi., Maman, F., dan Hendrayana, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Rigorous Mathematical Thingking (RMT) Terhadap Beban Kognitif Konstruktif dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa di Pondok Pesantren. JPPM. Vol. 12 (1). 32-50.
Kamaruddin. (2016). Penerapan Pembelajaran Statistika 2 Mengacu Pada Teori Beban Kognitif Pada Mahasiswa Matematika Universitas Kaltara Tahun Ajaran 2015/2016. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, (95-100). Yogyakarta: UNY.
Kurniawati, R. P., Hadi, F. R., dan Rulviana, V. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Cognitive Load Theory (CLT) Pada Materi Volume Kubus dan Balok di Sekolah Dasar. Aksioma. Vol. 7 (2). 314-323.
Pangesti, F. T. P., dan Retnowati, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Geometri SMP Berbasis Cognitive Load Theory Berorientasi pada Prestasi Belajar Siswa. Pythagoras. Vol. 12(1). 33–46.
Retnowati, E. (2008). Keterbatasan memori dan implikasinya dalam mendesain metode pembelajaran matematika. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UNY.
Santosa, C. A. H. F., Prabawanto, S., dan Marethi, I. (2019). Fostering Germane Load Through Self-Explantion Prompting in Calculus Instruction. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education. Vol. 1 (1). 37-47. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i1.7421
Santosa, dkk. (2018). The Role Of Worked-Example In Enhancing Students Self-Explanation And Cognitive Efficiency In Calculus Instruction. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 5 (2). 168-180.
Sumiaty, Astuti, dan Suratman. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Web Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas IX SMP. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 33 (2). 147–156.
Sweller, J. (2008). Human Cognitive Architecture. Handbook of Research on Educational Communications and Technology (20, 3rd, 369-381).
Sweller, J. (2010). Element Interactivity and Instrinsic, Extraneous, and Germane Cognitive Load. Educational Psychology Review, 22(22), 1223-138
Wantika, R. R. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berdasarkan Teori Beban Kognitif. Jurnal Buana Pendidikan. Vol. 12 (23). 43-48.
Yohanes, B., Subanji., dan Sisworo. (2016). Beban Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Materi Geometri. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 1(2). 187–195.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v5i1.2997
Article Metrics
Abstract - 1597 PDF - 1533Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.