APPLICATION OF BRAINSTORMING LEARNING METHODS TO STUDENTS' CRITICAL THINKING ABILITY
Abstract
The purpose of this research is to find out the differences between the Brainstorming learning method on students' critical thinking skills in mathematics. The method used in this study is a quasi-experimental method with a Nonequivalent Control Group Design. The sample in this study were 66 students of class VII SMP Negeri 20 Kota Tangerang, consisting of 33 students for the experimental class and 33 students for the control class. The research instrument used as a test result of mathematical critical thinking skills is in the form of descriptive questions. The data analysis technique in this study is the t-test to test the proposed hypothesis. From the results of the calculations that have been carried out, it turns out that the value obtained is tcount of 2,454 at a significant level of ɑ = 5% which is then compared with a ttable value of 2,035. because tcount > ttable (2.454 > 2.035) then H0 is rejected so it can be concluded that the Brainstorming learning method has an effect on the ability to think critically mathematically in class VII students of junior high school.
Full Text:
PDFReferences
Dikbud B, Tokyo K. UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL 1. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.
Didaktik Matematika Husnidar J, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Husnidar untuk, Ikhsan M, et al. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah.
UsmanRahmat 1-6.
Ginanjar 8-13.
Khakim ML. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MEDIA POHON FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMP KELAS VIII.
Rohmanurmeta F, Harsanti AG, Widyaningrum HK. PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF. Vol 4.; 2016.
Ardiansyah H. Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstroming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis berdasarkan Kemampuan Awal Peserta Didik. Indones J Econ Educ. 2018;1(1):31-42. doi:10.17509/jurnal
Resta (, Benanza M, Pitoewas B, Yanzi H. HUBUNGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRANSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA.
Arikunto, Suharsimi. (2015). “Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran.” Jakarta: Bumi Aksara
Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar Alec Fisher . Jakarta: Erlangga.
Johnson, Elaine B. (2014). Contextual Teaching And Learning: Menjadikan kegiatan Belajar – Mengajar Mengasyikan dan Bermakna.
Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
Miswanto. (2014). Penerapan Metode Curah Pendapat (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa VII MTS AL-Falah Simpang Kanan Rokan Hilir. Jurnal Pendidikan Matematika. Oktober 21,2018. Diakses dari http://repository.uin-suska.ac.id/1293/.
Putri, Wardani Radita. (2017). Pembelajaraan Matematika Dengan Menggunakan Strategi Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Tangerang: Universitas Muhammadiya Tangerang.
Suminto, (2018), pembelajaran konvensional, diakses dari Redaksi Haloedukasi https://haloedukasi.com/pembelajaran-konvensional
Ali, Achmadi Taofan.(2015). PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PERMESINAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Fakultas Teknik. Yogyakarta: UniversitasNegeri Yogyakarta. Diakses dari
ttps://node2.123dok.com/dt03pdf/123dok/000/490/490641.pdf.pdf?X-Amz
Zulkifli, (2013), Metode Konvensional. Desember15, 2013, diakses dari zulhasibuan.blogspot.com http://zulhasibuan.blogspot.com/2013/12/metode-konvensional.html?m=1
Rohmanurmeta, Fuzatul Ma’rufah, dkk. (2016). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.4 No.2 Juli 2016. November 10, 2018. Diakses dari http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/199/178
Riadi, Edi. (2015). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: ANDI.
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sumarmo, Utari, Hendriani, Heris, & Rohaeti, Eius Eti. (2017). HARD SKILLS dan SOFT SKILLS MATEMATIK SISWA. Jakarta: Aditama.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/.v1i1.9541
Article Metrics
Abstract - 189 PDF - 122Refbacks
- There are currently no refbacks.