Keterkaitan Kemampuan Literasi dan Disposisi Statistis Mahasiswa Melalui Rigorous Mathematical Thinking
Abstract
Kemampuan literasi statistis yang baik sudah seharusnya disertai disposisi statistis yang positif. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengkaji apakah terdapat hubungan antara litrasi dan disposisi statistis melalui pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Penelitian ini melibatkan dampel sebanyak 48 mahasiswa dengan matakuliah statistika II. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik menunjukkan terdapat hubungan antara literasi dan disposisi statistis mahasiswa
Kata Kunci: Literasi Statistis, Disposisi Statistis, Rigorous Mathematical Thinking
Full Text:
PDFReferences
Aoyama, K., & Stephen, M. (2003). Graph Interpretation Aspects of Statistical Literacy: A Japanese Perspective. Mathematics Education Research Journal, Vol 15, No 3.
Elistina (2015) Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantu Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 5 Basi Kecamatan Basindo Tolitoli. Journal Kreatif Tadulako. Vol. 4 No. 9
Gal, I. (2002). Adults’ StatisticalLiteracy: Meaning, Components, Responsibilities, in Statistical Review Revue International de Statistique Volume 70. Garfield, J. (1999). Thinking about Statistical Reasoning, Thinking and Literacy. Paper presented at First Annual Roundtable on Statistical Thinking, Reasoning and Literacy. Hendrayana, A. (1015). Pengaruh Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) Terhadap Pemahaman Konseptual, Kompetensi Strategis, dan Beban Kognitif Matematis Siswa SMP Boarding School. Disertasi Doktor pada SPs Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: Tidak diterbitkan.
Karlimah, dkk (2012) Pengembangan Kemampuan Proses Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Tidak Langsung di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 13 No. 2 Khabib, Z. & Manoy, J.T. (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan RMT Ditinjau Dari Fungsi Kognitif Siswa Pada Materi Melukis Segitiga Di Kelas VII SMP. Vol 3 No 2
Kinard, J. T. (2006) Creating Rigorous Mathematical Thinking: A Dynamic that Drives Mathematics and Science Conceptual Development. Transylvanian Journal Of Psychology. Special Issue No. 2, Supplement No. 2. Kinard, J.T. & Kozulin, A. (2008). Rigorous Mathematical Thinking. Cambridge: Cambridge University Press.
Laili & Sulyanah (2013) Pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung dengan Mengintegrasikan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas Xsemester II SMAN 1 Wonoayu. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 02 No.3
Martadiputra, B.A.P. (2010). Kajian Tentang Kemampuan Melek Statistis (Statistical Literacy), Penalaran Statistis (Statistical Reasoning), dan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) Guru SMP/SMA. [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu/file/Bambang_A.pdf. Martadiputra, B.A.P. (2012) Disposisi Statistis Mahasiswa Dalam Pembelajaran Statistika Dasar. Vol. 1 No. 2 September 2012 Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Bandung. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Vol 2 No. 2.
Sumarmo, U. (2014) Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Suryani, D., Yulianti, K. & Junaeti, E. (2008) Model Antisipasi dan Situasi Didaktis Dalam Pembelajaran Matematika Kombinatorik Berbasis Pendekatan Tidak Langsung. [Online] Tersedia: http://didi-suryadi.staf.upi.edu/files/2011/06/MODELANTISIPASI-DAN-SITUASI-DIDAKTIS.pdf
Takaria, J. (2015). Peningkatan Literasi Statistis, Representasi Matematis dan Self Concept Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Collaborative Problem Solving. Disertasi Doktor pada SPs Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: Tidak diterbitkan. Watson, J. M. (2003). Statistical Literacy at the School Level: What Should Students Know and Do ?. University of Tasmania, Faculty of Education. Australia.
Yusuf, S. (2006). Perbandingan Gender Dalam Prestasi Literasi Siswa Indonesia. Perspektif Literasi. Bandung: Literacy Instituite
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2129
Article Metrics
Abstract - 815 PDF - 1093DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2129.g1309
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .