IMPLEMENTASI BAHAN AJAR SAINS BERBASIS MOBILE LEARNING (ANDROID) PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI WILAYAH JAKARTA BARAT

Erdhita Oktrifianty, Rizki Zuliani, Een Unaenah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar sains berbasis android di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasiexperiment), dan dengan menggunakan formulir penelitian satu kelompok pretest-posttest design membandingkan skor antara pretest dan posttest score. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu (1) tahap awal; (2) fase implementasi; dan (3) tahap akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi bahan ajar sains berbasis android berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V 3 SD di wilayah Sukabumi Utara dengan pengaruh besar 23,22%; (2) Implementasi bahan ajar sains berbasis android membantu siswa dalam memahami potensi dan kondisi sekitar, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman siswa dalam mempelajari sains dengan bahan ajar sains berbasis mobile learning (android), dari skor pretest rata-rata 56,33 menjadi 79,55 pada skor posttest rata-rata dengan peningkatan skor rata-rata 0,23 yang berada dalam kategori sedang.
Kata kunci: mobile learning, bahan ajar, sains


Full Text:

PDF

References


Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mehdipour, Yousef dan Hamideh Zerehkafi. Mobile Learning for Education: Benefits and Challenges. India: International Journal of Computational Engineering Research.

Elfeky, Abdellah Ibrahim Mohammed dan Thouqan Saleem Yakoub Masadeh. 2016. The Effect of Mobile Learning on Students' Achievement and Conversational Skills. Egypt: International Journal of Higher Education.

Padu, Forum. 2014. Potret Pengasuhan, Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini di Indonesia.

Dauglas, Mcconatha Tool dan Matt PRAUL. 2008. Mobile Learning In Higher Education: An Empirical Assesment Of New Educational. Virginia: The Turkish Online Journal of Educational Technology.

Semiawan, Conny. 1985. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Ashbrook, Peggy. 2006. Sains itu Mengasikkan. Jakarta: elex media komputindo.

Seefeldt, Carol dan Nita Barbour. 1994. Early Childhood Education. New York: Macmillan. Nugraha, Ali. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Smith, Patricia L. dan Tillman J Ragan. 1993. Instructional Design. New York: Macmillan Publishing Company.

Dick, Walter Laou Carey dan James O. Carey. 2009. The systematic Design of insrtruction. New Jersey: Pearson.

Borg, Walter dan Merrdith D. Gall. Educatonal Research, 3rd ed. 2007. Boston: pearson Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2150

Article Metrics

Abstract - 332 PDF - 275

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2150.g1330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats