PEMBUATAN KEMASAN DAN PENINGKATAN MUTU PENJUALAN ABON IKAN TUNA DI KABUPATEN MALUKU TENGAH

Lilian Sarah Hiariey

Abstract


Produk abon ikan tuna yang diproduksi oleh kelompok “G&R Masohi Shop” umumnya diproduksi menggunakan teknologi sederhana dan proses pengemasan yang kurang baik, jenis kemasan yang digunakan tidak tepat serta label yang tidak menarik mengakibatkan mutu abon ikan tuna tidak dapat bertahan lama dan produk tersebut kurang disukai konsumen. Berdasarkan uraian tersebut, perlu dilakukan pendampingan pelatihan pembuatan kemasan dan peningkatan mutu produk abon ikan tuna dengan tujuan dapat memahami dan terampil dalam memanfaatkan teknologi pengentasan minyak sebagai upaya meningkatkan kualitas dan waktu simpan produk abon ikan tuna serta membuat kemasan dan label makanan yang menarik dan memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Hasil kegiatan diperoleh dari mitra dapat meningkatkan keterampilan dalam membuat kemasan menarik secara mandiri, sehingga dapat mengurangi biaya produksi dan menghasilkan keuntungan. Selain itu, pengetahuan tentang ketentuan label kemasan produk abon ikan tuna sebagai informasi dan dapat dijadikan sebagai promosi yang memberikan nilai sebagai daya tarik bagi konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3549

Article Metrics

Abstract - 722 PDF - 1093

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3549.g2251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats