Perencanaan Strategis dalam Pengembangan Potensi Pariwisata The Lost World Castle Yogyakarta

Anggraeni Pratama Indrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat perencanaan strategis dalam pengembangan potensi pariwisata dalam pengembangan potensi pariwisata The Lost World Castle Yogyakarta. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta mengetahui strategi yang tepat untuk mengembangkan potensi wisata The Lost World Castle. Penelitian ini dilakukan dengan cara survey. Perumusan strategi didasarkan dalam tiga tahapan, yaitu tahap masukan (input stage), tahap pencocokan (mathcing stage), dan tahap keputusan (decision stage). Adapun alat bantu analisis yang digunakan adalah sebagai berikut: (1) Input stage: dengan alat bantu analisis Matriks External Factor Evaluation (EFE), Internal Factor Evaluation (IFE) dan Competitive Profle Matrix (CPM); (2) Matching Stage: Matriks Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT); dan Decision Stage menggunakan matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Dari penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa ada 4 prioritas strategi yang bisa diterapkan, yaitu: Perbaikan infrastruktur, membuat paket wisata, melakukan promosi di sosial media, dan memperbaiki SOP karyawan.

Full Text:

PDF

References


Abya, H., Khalili, M., Ebrahimi, M., & Movahed, A. (2015). Strategic planning for tourism industry using SWOT and QSPM. Management Science Letters, 5(3), 295–300.

David, F. R. (2010). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

David, F. R., & David, F. R. (2016). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

Ghorbani, A., Raufirad, V., Rafiaani, P., & Azadi, H. (2015). Ecotourism sustainable development strategies using SWOT and QSPM model: A case study of Kaji Namakzar Wetland, South Khorasan Province, Iran. Tourism Management Perspectives, 16, 290–297.

Meyers, K. (2009). Pengertian Pariwisata. Jakarta: Unesco Office.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-undang nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan. , (2009). Indonesia.

Permatasari, A. (2017). Analisa Konsep Perencanaan Strategis. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 11(2).

Porter, M. E. (2007). Strategi Bersaing (Competitive Strategy): Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Tanggerang: Karisma Publishing Group.

Putra, E. P., & Nasution, A. H. (2018). Development of eco-tourism strategy using swot analysis: case study of Bayung Gede village. IPTEK Journal of Proceedings Series, (3), 116–123.

Stoner, J. A. F. (2012). Manajemen. New Jersey: Prentice-Hall.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. (2022). Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Diambil dari https://pariwisata.jogjakota.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.5980

Article Metrics

Abstract - 398 PDF - 296

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.5980.g3135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats