Rancang Bangun Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web Pada RW 01 Desa Saga

rohmat taufiq, Fainal Nurul Fajar, Ri Septi Septarini

Abstract


Proses kegiatan di Posyandu RW 01 Desa Saga penulisan dan penyimpanan data masih dilakukan secara manual, sehingga mengakibatkan lambatnya dalam pencarian informasi untuk mengetahui data diri balita. Lambatnya proses pengolahan, sehingga data dan informasi yang didapat kurang akurat. Membangun aplikasi sitem informasi posyandu di RW 01 Desa Saga. Penelitian ini bertujuan merancang bangun sistem informai posyandu berbasis web sehingga bisa membantu pengurus dan mayarakat dalam melakukan kegiatan yang ada di posyandu tersebut. Sistem ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang data balita, penimbangan, imunisasi, vitamin, status gizi, laporan. Objek penelitian ini dilakukan pada wilayah perumahan Permata Balaraja bertempat di RW 01 Desa Saga Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang-Banten. Kesimpulan dari penelitian ini aplikasi Posyandu berbasis Web ini dapat memberikan Informasi yang lengkap yaitu informasi data balita, penimbangan, berat badan, jenis vitamin, jenis imunisasi dan laporan dapat dilihat kader maupun bidan. Untuk saat ini fitur yang tersedia hanya beberapa saja diharapkan sistem ini terus berkembang dengan penambahan beberapa fitur dan tampilan yang lebih baik lagi bagi pengguna.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Emilya, S., Lestari, Y & Asterina (2017). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita terhadap Tindakan Imunisasi Dasar Lengkap Di Kelurahan Lampung Bukit Kota Padang Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Andalas. Vol. 6. No. 2.

Fithri, D. L. (2018). Aplikasi Manajemen Posyandu Untuk Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi. Vol. 1. No. 1. Hal: 41-48.

Mardjan, M., Saleh, I., & Kusumawati, D. L. (2019). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Ambawang. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 6(3), 102. https://doi.org/10.29406/jkmk.v6i3.1773

Mustika, U. (2019). E-Posyandu Berbasis Android. Thesis. Universitas Teknokrat Indonesia. Kota Bandar Lampung, Lampung.

Perwitasari, I.,D & Hendrawan, J. (2020). Rancang Bangun Sistem E-Posyandu Penjadwalan dan Monitoring Perkembangan Bayi Berbasis Android. Jurnal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS). Vol. 3. No. 1. Hal: 1-3.

Pressman, R.S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak - Buku Satu, Pende-katan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.

Rahim, A & Haerullah (2021). Perancangan Sistem Informasi Posyandu Pembinaan Puskesmas Trauma Center Loa Janan (Studi Kasus: Posyandu Rajawali). Jurti. Vol. 5. No. 1. Hal: 73-82.

Taufiq, R & Fahrozi, N.F. (2017). Perancangan Sistem pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Kendaraan Alat Berat Tambang Batubara dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Scientium: Jurnal Ilmiah Dewean Riset Daerah Banten. Vol 3. No. 5. Hal:94-107.

Taufiq. R & Sari. H.P. (2019). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Menggunakan Metode Ruzzy Tsukamoto. Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, Vol. 8, No. 1, Tahun 2019: hal: 6-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.6040

Article Metrics

Abstract - 2266 PDF - 1021

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.6040.g3152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats