PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBANTUAN CHATBOT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains siswa terutama siswa sekolah dasar hal ini sejalan dengan hasil skor PISA yang mengalami penurunan selama 3 tahun kebelakang hal ini bersumber dari indonesiapisa.com dan sejalan dengan kenyataan di lapangan bahwa minat siswa terhadap literasi masih kurang terutama dalah hal ini literasi sains. Salah satu upaya untuk meningkatkan literasi sains yaitu dengan menerapkan model pembelajaran dan media ajar yang menarik bagi siswa agar minat dan motivasi siswa untuk belajar lebih tinggi. Adapun model pembelajaran pada penelitian ini menggunakan pendekatan STEM dengan berbantuan media chatbot. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dengan jenis quasi eksperimen dengan desain penelitian nonn equivalent desain yang membandingkan hasil pretest dan posttest dari dua rombongan belajar dengan kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan STEM dan pada kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional.
This research is motivated by the low scientific literacy of students, especially elementary school students, this is in line with the results of the PISA scores which have decreased over the past 3 years. scientific literacy. One effort to increase scientific literacy is by applying learning models and teaching media that are attractive to students so that students' interest and motivation to learn is higher. The learning model in this study uses the STEM approach with the help of chatbot media. This research method uses a quasi-experimental type of research with a non-equivalent research design that compares the pretest and posttest results of the two study groups with the experimental class using the STEM approach and the control class using conventional learning models.
Full Text:
PDFReferences
Aulia, J., Zarkasih, Z., & Nova, T. L. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 70-76.
Astuti, W., Sulastri, S., Syukri, M., & Halim, A. (2023). Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1), 25-39.
Bina, R. R. (2021). Stastika Penelitian Pendidikan. Jakarta: KENCANA.
Daryanto, D. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA.
Erayani, L. G. N., & Jampel, I. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa Pada Tematik Kelas V melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Prezi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2).
Kumar(dalam sri, 2. (2021). Statistika Penelitian. Jakarta: KENCANA.
Nuraeni, F. (2020). Aktivitas Desain Rekayasa untuk Pembelajaran Berbasis STEM di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press.
Indonesiapisa.com. Kemendikbud: Tingkat Literasi Siswa Indonesia di Peringkat PISA Masih Rendah. Diakses pada 31 Desember 2022, dari https://indonesiapisa.com/
Wahyu, Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis “Stem” Berbantuan “Mar” Terhadap Literasi Sains Dan Sikap Ilmiah Dengan Mengontrol Pengetahuan Awal Sains (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7665
Article Metrics
Abstract - 1124 PDF - 894DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7665.g3902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .