LAYANAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN DISPLIN BELAJAR ONLINE SISWA SMPN 2 ENREKANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Layanan bimbingan konseling untuk meningkatkan disiplin belajar online siswa SMPN 2 Enrekang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Pre-Experimental. Bentuk desain Pra – Experimen yang digunakan adalah One Group Pretes – Posttes Design. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji T. Pada hasil persentase pretest menunjukan bahwa kedisiplinan belajar online siswa yang memiliki kategori yang sedang ada 15 orang atau 71,4%, kategori rendah sebanyak 6 responden atau 28,6%. Setelah diberikan treatmen atau perlakuan terlihat bahwa siswa sebagai sampel mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil postest, dimana pada kategori sangat tinggi sebanyak 18 responden atau 85,7% kategori Sedang sebanyak 3 responden atau 1,43% dan kategori rendah sebanyak 0 responden. Jadi dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan kedisiplinan belajar online siswa setelah diberikan treatmen atau perlakuan kepada siswa.
This study aims to describe guidance and counseling services to improve the online learning discipline of SMPN 2 Enrekang students. This research uses the Pre-Experimental quantitative method. The pre-experimental design form used is the One Group Pretest-Posttest Design. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique used the T test. The results of the pretest percentage showed that the online learning discipline of students who had an average category was 15 people or 71.4%, the low category was 6 respondents or 28.6%. After being given treatment or treatment, it can be seen that the students as the sample experienced an increase. This can be seen from the results of the posttest, where in the very high category there were 18 respondents or 85.7%, in the medium category there were 3 respondents or 1.43% and in the low category there were 0 respondents. So it can be concluded that there is an increase in student online learning discipline after being given treatment or treatment to students.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI; Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman (2010). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 185.
Djamarah. Bahri, Syaiful & Zain Azwan. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, cet. Ke-3
Goleman, D (2001). Emotional Intelligence. USA: New York Broadway.
Isman, M. (2016). Pembelajaran Moda Dalamjaringan (Moda Daring). Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. “Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebarab Covid19”
Kurniawati, Arista, 2016. Pengaruh Iklim dan Budaya Sekolah Terhadap Sikap Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2015/2017. Bandar Lampung: Universitas Lampung, hal. 18-19
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program PPK Jurusan BK UNP.Sahertian, Piet A., (1994) Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tutik, (2012). Implementasi Karakter disiplin pada siswa di SMP Muhammadiyah Gresik. Jurnal. Diakses pada tanggal 19 Mei 2021
Tohirin, Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasa, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015).
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7667
Article Metrics
Abstract - 290 PDF - 215DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7667.g3901
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .